SOLOPOS.COM - Pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo terus berupaya menggenjot pemulihan ekonomi khususnya sektor usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Langkah yang dilakukan yakni dengan mengadakan festival dan sejumlah perlombaan untuk meningkatkan daya tarik pengunjung ke sentra UMKM yang dibentuk. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, Iwan Setyono, mengatakan langkah tersebut untuk memulihkan perekonomian masyarakat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sektor UMKM dinilai merupakan penopang ekonomi masyarakat saat ini sehingga Pemkab Sukoharjo berkomitmen untuk fokus menggenjot sektor tersebut. Hal itu sekaligus untuk mendorong program percepatan pemulihan ekonomi di Sukoharjo.

Baca Juga: Buntut Penyimpangan Dana Desa, Pemkab Sukoharjo Evaluasi Total

“Kebetulan juga ini kan memperingati Hari Pahlawan, kami mengadakan kegiatan festival UMKM kembali dibalut perlombaan. Kami adakan pada Jumat hingga Sabtu [12-14/11/2021],” jelasnya kepada Solopos.com, Jumat (12/11/2021).

Tujuannya, kata Iwan, agar minat pengunjung untuk ke sentra UMKM yang dibentuk di Gedung Graha Wijaya bisa meningkat dan produk yang dipasarkan oleh pelaku usaha bisa laku. Disdagkop dan UKM Sukoharjo juga berencana menggencarkan festival UMKM di tingkat kecamatan.

Baca Juga: Waduh! 10 Rumah Warga Bulu Sukoharjo Terancam Diterjang Longsor

Namun, menurutnya tak semua kecamatan dipilih lantaran pertimbangan potensi di masing-masing wilayah. Contohnya Kartasura, Grogol, dan Mojolaban termasuk yang bisa menggelar festival. “Kalau lainnya mungkin belum bisa. Kami berencana mendukung program tersebut apabila diadaptasi di tingkat kecamatan,” imbuhnya.

Selain mengadakan festival, sejumlah pelatihan juga dilakukan bekerjasama dengan sejumlah OPD lainnya di Sukoharjo. Ia mencontohkan kerja sama dengan DPMPTSP Sukoharjo untuk membantu pelatihan pelaku UMKM menaikkan kelas pemasaran dengan penggunaan teknologi.

Baca Juga: Porang dari Bulu Sukoharjo Diarahkan Langsung ke Pasar Ekspor

“Selain itu, ada The Park yang membuat festival kuliner kemarin dan TNI juga yang mengadakan festival UMKM. Kami memang saat ini fokus di situ karena kami menganggap pelaku UMKM juga pahlawan yang membangkitkan perekonomian di Indonesia setelah adanya pandemi,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya