SOLOPOS.COM - Peserta program Mudik Gratis Lebaran 2022 tiba di Terminal Sukoharjo, Jumat (29/4/2022) dini hari. (Istimewa/Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Kuota bus mudik gratis dari Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo di Jakarta telah habis. Padahal Dishub Sukoharjo telah menambah jumlah bus menjadi empat dari tahun lalu hanya dua unit.

Kepala Dishub Kabupaten Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan Pemkab telah menyiapkan program mudik gratis pada Lebaran 2023 dengan menyiapkan empat unit bus dengan tujuan Jakarta ke Sukoharjo. Pendaftaran sudah dibuka beberapa waktu lalu dan direncanakan ditutup pada Jumat (10/3/2023) mendatang. Namun masa pendaftaran belum selesai kuota bus gratis tersebut telah habis.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Dari informasi terakhir kuota busnya sudah penuh. Pemudik rencananya diberangkatkan pada 17 April pukul 09.00 WIB dari Museum Purna Bakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur dengan tujuan akhir Terminal Bus Sukoharjo,” kata Toni, Jumat (3/3/2023).

Empat bus tersebut masing-masing berkapasitas 48 orang sehingga jumlah kuota keseluruhan sebanyak 192 orang. Angkutan mudik gratis Lebaran 2023 disiapkan untuk membantu warga Sukoharjo di perantauan pulang ke kampung halaman.

Menurut Toni, sosialisasi sudah dilaksanakan Dishub dengan kelompok-kelompok perantau di daerah sasaran dan juga melalui media sosial. Ada dua orang yang ditunjuk Dishub sebagai koordinator pendaftaran. Warga perantauan bisa mengakses dan mendaftar lewat koordinator karena sudah disertai dengan nomor kontak masing-masing.

Ada ketentuan untuk bisa ikut program mudik gratis yang disiapkan Pemkab Sukoharjo. Syarat itu di antaranya harus warga Kabupaten Sukoharjo yang saat ini sedang merantau di wilayah Jabodetabek, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kelahiran Kabupaten Sukoharjo, fotocopy KTP jika sendiri atau fotocopy Kartu Keluarga (KK) jika berkeluarga. Syarat lainnya adalah sudah mendapat vaksin virus Covid-19 dan mengisi biodata diri calon peserta program mudik gratis.

“Pendaftar sangat cepat karena tingginya animo masyarakat ikut mudik gratis,” katanya.

Program mudik gratis sempat terhenti pada 2020-2021 akibat pandemi Covid-19. Hal itu sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang melarang kerumunan massa salah satunya mudik Lebaran.

Mudik Motor Gratis

Toni menambahkan, selain mudik gratis, Kemenhub juga telah menyediakan mudik motor gratis (motis) yang diangkut menggunakan kereta.

Sementara itu melalui laman djka.dephub.go.id, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menggelar program Motis (Motor Gratis)  untuk mendukung Angkutan Lebaran 2023. Hal ini disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono, di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta pada Senin (20/2/2023). Sebagai program rutin tahunan DJKA, Motis 2023  ditargetkan akan dapat melayani lebih dari 40 ribu penumpang.

“Tahun ini kami akan siapkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang, terlebih di tahun ini kami sediakan kapasitas Motis yang jauh lebih banyak daripada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif, ” ungkap Djarot.

Animo masyarakat ikut program Motis meningkat signifikan dari tahun ke tahun. Sejak awal diluncurkan pada  2013, minat masyarakat akan penyelenggaran Motis oleh pemerintah cukup tinggi, tercatat pada tahun 2019 sebanyak 19.000 unit lebih sepeda motor telah difasilitasi pengirimannya secara gratis oleh DJKA.

Dibandingkan tahun lalu, kapasitas penumpang dan unit sepeda motor yang disediakan pelayanannya pada Motis tahun ini jauh lebih meningkat dari realisasi 2.900-an unit sepeda motor yang telah difasilitasi pada Motis 2022. Tahun ini DJKA menargetkan sebanyak 46.720 penumpang akan diberangkatkan dalam program tahunan ini.

Motis 2023 akan melayani tiga lintas pelayanan di antaranya Lintas Utara dengan rute Cilegon-Jakarta Gudang-Semarang Tawang; Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang-Purwosari dan Lintas Selatan dengan rute Kiraracondong-Purwosari.
Pendaftaran program motis 2023 telah dimulai pada 1 Maret-3 Mei 2023, sementara angkutan mudik motis akan diselenggarakan pada 11-20 April dan angkutan balik dilaksanakan pada tanggal 25 April-4 Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya