SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelaku perjalanan dan pemudik. (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri tidak mengadakan mudik gratis bagi warganya yang ada di perantauan pada Lebaran 2023 ini. Ketiadaan anggaran menjadi alasan mengapa program tahunan tersebut absen tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, kepada Solopos.com, Senin (13/3/2023), mengatakan tahun ini Pemkab Wonogiri tidak menganggarkan program mudik tidak berbayar. Program tahunan itu sudah absen sejak 2020 atau sejak pandemi Covid-19 hingga sekarang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut dia, ketiadaan program tersebut bukan tanpa sebab. Sejak pandemi, anggaran Pemkab banyak tersedot untuk penanganan pandemi Covid-19. Beberapa program pun harus ditunda realisasinya demi menangani pandemi, termasuk program mudik gratis.

“Tahun ini belum ada program mudik gratis. Semoga tahun depan bisa dianggarkan. Tahun ini untuk sementara tidak ada karena anggarannya belum ada,” kata Waluyo.

Dia melanjutkan sebelum pandemi Covid-19, Pemkab Wonogiri menjadikan mudik gratis sebagai program tahunan tiap Lebaran. Anggaran untuk program ini berkisar Rp500 juta-Rp700 juta.

Jumlah bus yang disediakan mencapai 40 unit bus dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menuju Terminal Giri Adipura Wonogiri.

Terpisah, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, juga mengatakan Lebaran tahun ini tidak ada program mudik gratis. Namun tahun depan dia mengupayakan program tersebut bisa direalisasikan kembali seperti sebelum pandemi.

Hal itu mengingat 38% dari 1.057.084 jiwa penduduk Wonogiri menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) merantau. Pada sisi lain, Pemerintah Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mengadakan program mudik gratis bagi warga yang merantau di Jakarta dan sekitarnya.

Mudik gratis itu menuju 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah termasuk Wonogiri. “Boleh saja warga Wonogiri ikut program mudik gratis Pemprov Jateng. Silakan. Tinggal koordinasikan saja,” ujar Bupati.

Sebelumnya diberitakan, pendaftaran program mudik gratis Lebaran 2023 bantuan Gubernur Jateng, kepala daerah se-Jawa Tengah, dan Bank Jateng sudah dibuka mulai Senin (13/3/2023). Pendaftaran dilakukan secara online di bawah koordinasi Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui laman https://pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/swa. Rombongan mudik gratis ke berbagai wilayah Jawa Tengah akan diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (17/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya