SOLOPOS.COM - Budi Suharto (Dok. SOLOPOS)

Budi Suharto (Dok. SOLOPOS)

Solo (Solopos.com)–Libur cuti bersama menyambut Lebaran tahun 2011 bagi pegawai negeri sipil (PNS), dimulai Sabtu (27/8/2011) dan masuk kembali Senin (5/9/2011) mendatang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selama liburan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memberlakukan piket bagi jajaran pegawai.

Penjelasan itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Suharto ketika ditemui wartawan di Balaikota Solo, Jumat (26/8). Sekda mengatakan guna mengamankan aset-asetnya dari pencurian dan bahaya kebakaran, Pemkot mengoptimalkan sistem pengawasan, baik secara konvensional maupun modern.

Sistem konvensional meliputi penempatan petugas Satpam di kompleks Balaikota dan di kantor-kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di luar kompleks balaikota, termasuk kantor kecamatan dan kantor kelurahan.

“Ada staf yang bergiliran piket menunggui kantornya masing-masing selama libur Lebaran. Jam piketnya setara dengan jam kerja, yakni dari pagi sampai sore. Sudah dijadwalkan di 17 SKPD ada stafnya yang menunggu,” ujar Sekda.

Sekda menyebutkan berbagai hal yang diwaspadai adalah terjadinya pencurian peralatan kantor dan potensi kebakaran dari hubungan arus pendek. Untuk pencurian, Sekda meyakini satpam dan petugas piket akan menyeriusi hal itu.

Sedangkan langkah antisipasi bahaya kebakaran adalah dengan mengoptimalkan sistem peringatan dini yang terhubung ke kantor pemadam kebakaran dan kepolisian.

”Memang untuk Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan pemukul kaca belum seluruhnya dipasang di gedung-gedung pemerintah. Hal ini diantisipasi dengan mengoptimalkan monitoring oleh petugas Satpam,” katanya.

(sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya