SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Model pengelolaan sampah yang rencananya diterapkan di Tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo mengerucut pada tiga pilihan.

Tiga pilihan itu adalah mengolah sampah menjadi tenaga listrik dan pupuk, mengolah sampah menjadi pupuk saja dan membakar sampah dengan suhu tinggi 800 derajat celsius, sehingga seluruh sampah lenyap.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala bagian (Kabag) Kerjasama Setda Solo, Sudarmasto Moelyadi menjelaskan, tiga pilihan tersebut membutuhkan nilai investasi yang berbeda. Untuk pilihan pertama dan kedua, menurut perhitungan awal pihaknya, diperlukan investasi sebesar Rp 300 miliar.

Sedangkan jika pilihan ketiga yang diambil, investor harus menyediakan dana investasi sekitar Rp 1,2 triliun.
Semua kebutuhan investasi bakal ditanggung pihak investor yang memenangkan lelang, dengan imbalan kewenangan mengelola sampah dan hasilnya sepanjang puluhan tahun sesuai perjanjian. “Ada tiga pilihan yang masih kami jajaki. Nanti, sekaligus kami melihat hasil FS (feseability study), untuk menentukan pilihan mana yang diambil,” ungkap Darmasto, sapaan akrabnya, saat dijumpai di kantornya, Senin (8/2).

tsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya