SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan data base penerima Layanan Pendidikan Masyarakat Solo (LPMS) valid. Pasalnya, selama satu bulan ke depan Pemkot akan melakukan verifikasi langsung di lapangan.

Sementara itu, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) mulai mempersiapkan teknis pembuatan kartu LPMS. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Solo, Anung Indro mengatakan sebelum membuka layanan pembuatan kartu LPMS di KPPT, pihaknya akan melakukan verifikasi data siswa yang berhak menerima LPMS platinum, gold maupun silver.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Data warga miskin dari BPS (Badan Pusat Statistik-<I>red<I>) yang kami punya kan baru orang tua. Itu harus di-break down dulu ke anaknya. Pemkot juga punya data penerima PKMS (Pemeliharaan kesehatan masyarakat Solo-red) yang bisa dijadikan salah satu masukan. Nanti dari data itu, kami kembali ke lapangan,” papar Anung, saat ditemui wartawan, di sela-sela mider praja, di Mojosongo, Jebres, akhir pekan kemarin.

Dia menambahkan, dalam melakukan verifikasi di lapangan, pihaknya juga menetapkan tambahan indikator yang harus diperhatikan petugas saat melakukan verifikasi. Anung menyebut terdapat delapan indikator tambahan, yang tidak hanya menyangkut bidang pendidikan melainkan juga kesehatan, rumah tak layak huni (RTLH), dan lain-lain.

Terpisah, Kepala KPPT Solo, Toto Amanto mengaku telah menyiapkan teknis pemberian kartu LPMS, terutama mengenai desain kartu dan sistem pembuatan kartu bantuan biaya pendidikan tersebut. Kendati demikian, hingga saat ini Toto mengaku masih menunggu koordinasi lanjut mengenai persoalan teknis pembuatan kartu.

Dia mengakui tambahan pekerjaan untuk membuat kartu LPMS bisa merepotkan pihaknya. Terlebih selama ini, KPPT sudah cukup disibukkan dengan banyaknya jumlah permintaan PKMS. Menurut catatannya, dalam bulan Januari dan Februari 2010, jumlah pemohon PKMS perpanjangan dan kartu baru masing-masing mencapai 5.698 kartu dan 8.224 kartu.

tsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya