SOLOPOS.COM - Sejumlah angkutan pengumpan atau feeder BST parkir di Sub Terminal Pelangi, Mojosongo, Solo, Jumat (2/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO– Pemkot Solo bakal meremajakan armada feeder Batik Solo Trans (BST) dengan spesifikasi Daihatsu Luxio pada Januari 2024.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Taufiq Muhammad, menjelaskan armada yang akan diremajakan di tiga koridor, yakni koridor 7 (RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Solo- Pasar Klewer), 9 (sub terminal Taman Pelangi-sub terminal Semanggi, dan koridor 12 (Pasar Klewer-Gentan).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Memang kendaraan sudah gak layak. Banyak keluhan dan masukan masyarakat. Misalkan AC-nya mati, tapping [transaksi dengan e-money] banyak kendala,” kata dia, Kamis (19/10/2023) siang.

Taufiq menjelaskan jumlah armada yang diremajakan sebanyak 43 unit atau sekitar separuh dari total armada di semua rute. Jumlah armada feeder BST sekitar 100 unit.

“Peremajaan dilakukan bertahap,” paparnya. Menurut dia, spesifikasi unit feeder BST yang baru adalah Daihatsu Luxio. Unit baru feeder BST akan dioperasikan Januari 2024.

“Yang mengoperasionalkan pihak ketiga, termasuk [penyedia] armada dari pihak ketiga,” ujar dia.

Dia mengatakan layanan angkutan dilakukan dengan skema Buy The Service (BTS), yaitu sistem pembelian layanan angkutan jalan oleh pemerintah kepada pihak operator angkutan umum untuk mendapatkan layanan. Pemkot Solo mengalokasikan anggaran sekitar Rp13,9 miliar untuk layanan feeder BST selama 2024.

Sejumlah penumpang feeder BST memberikan masukan kepada Pemkot Solo melalui Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS).

Salah satunya Putra yang mengapresiasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyediakan feeder BST koridor 7.

“Saya puas ke Solo naik feeder armada bersih, AC wangi,  sopir baik, dan ramah. Sopir-nya tidak pelit kasih informasi kalau mau ke pergi-pergi diarahkan naik armada yang mana saja,” jelas dia.

Dia berharap layanan feeder BST tetap dipertahankan. Layanan itu menjadi alternatif layanan ojek online.

Pengguna feeder BST lainnya, Silvia, menyatakan bangga bisa menjadi penumpang feeder BST. Dia menggunakan layanan feeder BST untuk belanja ke Pasar Gede Solo dan Pasar Klewer dari RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya