SOLOPOS.COM - Progres pembangunan Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Mojosongo Blok C mencapai 97 persen di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Rabu (12/7/2023). (Istimewa/Dokumentasi UPT Rumah Sewa)

Solopos.com, SOLO– Kota Solo segera memiliki rumah susun sederhana sewa (rusunawa) baru dengan beragam fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan rusunawa atau rumah deret lainnya. Tarif sewa masih sama yakni paling tinggi Rp100.000 per unit per bulan di lantai dasar.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sewa Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman serta Pertanahan Kota Solo, Iswan Fitradias, mengatakan rusunawa itu Rusunawa Blok C di Kelurahan Mojosongo. Progres pembangunannya sudah mencapai 97% pekan ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Ada beberapa peningkatan fasilitas yang ditambahkan oleh Kementerian PUPR [Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] dan berdasarkan request dari kami. Itu sekarang masing-masing kamar itu sudah ada tabung Apar-nya [alat pemadam kebakaran ringan] dan di lorong juga sudah ada,” jelasnya ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (11/9/2023) sore.

Selain itu, kata Iswan, setiap dapur dan kamar mandi telah dipasang exhaust fan sehingga meminimalkan bau-bau tidak sedap di unit rusunawa. Lampu juga terdapat baterai sehingga apabila terjadi pemadaman listrik bisa menyala secara otomatis.

“Selanjutnya, Alhamdulillah juga sudah include dengan taman bermain,” ungkapnya. Menurut dia, Rusunawa Mojosongo Blok C merupakan bangunan tiga lantai dengan 44 unit tipe 36.

Iswan menjelaskan tidak semua unit rusunawa merupakan tipe 36 dengan furniture, namun hanya beberapa rusunawa, yakni Rusunawa Putri Cempo Blok B, Rusunawa Putri Cempo Blok C, Rusunawa Putri Cempo Blok D, Rusunawa Putri Cempo Blok E, dan Rusunawa Mojosongo Blok C.

Iswan mengatakan meskipun ada sejumlah penambahan fasilitas, namun tarif sewa Rusunawa Mojosongo Blok C tetap sama, yakni Rp100.000 per unit per bulan di lantai dasar, Rp90.000 per unit per bulan di lantai II, dan Rp80.000 per unit per bulan di lantai III.

“Nanti cepat penuh karena antrean Rusunawa mencapai 998 permohonan,” paparnya. Menurut dia, UPT Rumah Sewa meminta petunjuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka karena  ada sejumlah organisasi perangkat daerah melakukan penataan kawasan. Ada warga yang terdampak penataan.

“Kemungkinan awal Agustus mulai penyerahan kunci kepada penghuni Rusunawa Mojosongo Blok C,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya