SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meraih penghargaan kota/kabupaten pengembang UMKM terbaik versi Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) alias UNS SME’s Awards 2012.

Walaupun baru kali pertama dihelat, penghargaan ini telah direstui Kementerian Koperasi dan UMKM, sekaligus dijadikan agenda rutin nasional. Ketua Tim Seleksi UNS SME’s Awards 2012, Toto Mandikanto, mengatakan Solo dipilih sebagai yang terbaik dari ratusan kota/kabupaten se-Indonesia lantaran dinilai sukses mengelola koperasi dan UMKM. Sebagai contoh, Pemkot Solo sukses menata pedagang kaki lima (PKL) dan menyediakan tempat bagi PKL dengan cara-cara yang tidak menggunakan kekerasan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu, keberhasilan Solo mengembangkan mobil Esemka sebagai cikal bakal mobil nasional juga menjadi alasan mengapa penghargaan diberikan kepada Solo. “Mobil nasional adalah terobosan Pemkot Solo untuk mengembangkan UMKM. Banyak UMKM diuntungkan dengan itu. Ini jadi salah satu alasan mengapa Solo,” terang Toto, saat ditemui Solopos.com, di sela-sela penyerahan <I>UNS SME’s Awards 2012<I>, di kampus UNS, Sabtu (18/2/2012) malam.

Penghargaan diterima langsung Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi). Ditemui usai acara, Jokowi mengatakan perjuangan Pemkot Solo mengelola UMKM dan koperasi belum rampung. Pihaknya merasa masih memiliki pekerjaan rumah, di antaranya menata pasar tradisional untuk menyejahterakan pedagang. Selain itu, Solo juga masih memiliki sejumlah PKL yang belum tertata.

Sementara itu, selain kepada Pemkot Solo, UNS SME’s Awards 2012 juga diberikan kepada 17 instansi/lembaga/perusahaan terbaik dalam hal pengembangan UMKM di bidangnya masing-masing. Untuk provinsi, tim menganugerahi Provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan kategori bank BUMN, penghargaan pendukung UMKM terbaik diberikan kepada BNI. Sementara, untuk kategori perusahaan jamu peduli pengembangan UMKM, penghargaan diberikan kepada PT Sidomuncul.

(JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya