SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memberi bantuan senilai miliaran rupiah untuk Kabupaten Wonogiri. Bantuan itu meliputi peralatan pertanian, hewan ternak dan perbaikan sarana prasarana.

Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jateng, Subandi PR, mengatakan bantuan itu berasal dari APBD Provinsi 2013.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Bantuan itu berupa lima unit handtractor, lima unit mesin pengolah pakan ternak, 15 ekor sapi dan 180 ekor kambing. Selain itu, juga ada bantuan Rp2,5 miliar untuk perbaikan sarana dan prasarana di masyarakat. Di antaranya untuk perbaikan jembatan, saluran air dan rabat jalan,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (7/3/2013).

Bantuan itu diserahkan secara simbolis kepada Bupati Wonogiri Danar Rahmanto di rumah salah satu warga anggota kelompok tani di Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kamis. Selanjutnya, bantuan dibagi beberapa kelompok tani yang tersebar di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Selain penyerahan bantuan, Subandi juga melakukan sosialisasi untuk program ketahanan pangan salah satunya pemanfaatan lahan pekarangan.

“Ini merupakan program baru kami untuk mengajak masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan. Setidaknya, untuk kebutuhan sayur sehari-hari, warga tidak harus membeli ke pasar. Sebab, saya pernah menghitung setidaknya membutuhkan biaya Rp10.000/hari untuk membeli sayur,” ujarnya.

Terkait program itu, pihaknya siap membantu bibit tanaman sayur yang bisa ditanam di polybag. Pemupukan dilakukan dengan pupuk organik buatan warga.

“Ini bisa menghemat pengeluaran untuk biaya hidup sehari-hari. Apalagi kalau bisa dikembangkan dan dijual, ini malah bisa menambah pendapatan keluarga,” imbuh Subandi  yang berasal dari Wonogiri ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya