SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di Jalan Solo-Wonogiri tepatnya di sekitar Masjid Agung Baiturrahman, Jumat (6/5/2022). (Solopos-R Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Para pemudik mulai berangsur kembali ke daerah perantauan seiring berakhirnya masa cuti bersama atau libur Lebaran. Kendaraan para pemudik memadati Jalan Solo-Wonogiri di wilayah Sukoharjo yang menjadi jalur balik Lebaran dari Wonogiri dan Pacitan, Jawa Timur.

Pantauan Solopos.com, Jumat (6/5/2022), arus lalu lintas di ruas Jalan Solo-Wonogiri terpantau ramai lancar. Kendaraan bermotor didominasi mobil pribadi berpelat luar daerah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Surabaya. Selain mobil pribadi, bus jurusan Wonogiri-Jakarta berseliweran di sepanjang jalur tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Penumpukan kendaraan bermotor terjadi hampir di setiap lampu lalu lintas mulai dari simpang empat Begajah, simpang lima atau Proliman Sukoharjo, simpang empat Universitas Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo hingga simpang empat Bulakrejo.

“Pekan depan sudah masuk kerja di kantor. Saya memperkirakan tiba di Bekasi pada Sabtu dini hari. Kalau pun terjadi macet masih punya waktu sehari untuk beristirahat di rumah,” kata seorang pemudik asal Kecamatan Baturetno, Wonogiri, Fanani, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat.

Antusiasme tinggi para perantau untuk pulang ke tanah kelahiran saat Lebaran 2022 berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mudik menjadi tradisi yang dilakoni para perantau setiap Lebaran. Mereka berbondong-bondong meninggalkan daerah perantauan menuju kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

Baca juga: Konsumsi Pertalite di Sukoharjo Naik 50% Saat Libur Lebaran, Solar?

Selama dua tahun, sebagian perantau membatalkan niat untuk mudik ke kampung halaman akibat pandemi Covid-19. “Sebenarnya, saya sempat pulang ke Wonogiri pada 2021. Lebaran pada tahun ini, para perantau benar-benar antusias ingin pulang ke kampung halaman. Mereka rela melakukan apa saja agar bisa berlebaran di kampung,” ujar dia.

Lonjakan Kendaraan Keluar

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, menyatakan terjadi lonjakan kendaraan yang keluar dari Sukoharjo pada H+3 Lebaran atau 5 Mei 2022. Jumlah kendaraan yang keluar dari Sukoharjo melewati Bundaran Kartasura sebanyak 44.983 unit atau meningkat sekitar 33,7 persen dibanding hari sebelumnya.

Sementara jumlah kendaraan yang melewati simpang empat Bulakrejo sebanyak 46.861 unit atau meningkat sekitar 12,8 persen dibanding hari sebelumnya.

“Pada H+2 Lebaran, jumlah kendaraan yang melewati Bundaran Kartasura sebanyak 39.696 unit dan simpang empat Bulakrejo sebanyak 41.543 unit. Kami memprediksi puncak arus balik Lebaran pada H+3 hingga H+5,” kata dia.

Baca juga: Petugas Kebersihan di Sukoharjo Lembur Angkut Sampah Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya