SOLOPOS.COM - Pekerja dari PT Bukaka beraktivitas di kerangka Jembatan Jurug B bagian timur yang akan dibongkar, Senin (24/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Pembongkaran Jembatan Jurug B yang melintang di atas Sungai Bengawan Solo saat ini terus berlanjut. Bagian tengah sudah dibongkar, baik struktur baja ataupun lantai, sehingga jembatan benar-benar putus dan menganga terbuka.

Jembatan Jurug B menjadi salah satu dari 37 Jembatan dengan tipe Callendar-Hamilton di Pulau Jawa yang dibongkar pada tahun ini. Jembatan ini merupakan jembatan tipe CH terpanjang yang dibongkar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan pengamatan Solopos.com, Senin (24/10/2022), bagian tengah Jembatan Jurug B sudah sepenuhnya dibongkar dan hanya menyisakan beton penyangga. Pembongkaran juga berlanjut di sisi timur Jembatan Jurug B atau yang berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar.

Bagian lantai jembatan sudah terbongkar seluruhnya dan hanya menyisakan kerangka baja yang juga sedang dibongkar. Sedangkan sisi barat Jembatan Jurug B yang berbatasan dengan Kota Solo belum dibongkar. Rencananya bagian barat akan menjadi bagian terakhir yang akan dibongkar.

Menurut General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, menyebut pembongkaran Jembatan Jurug B masih terus berlangsung meskipun cuaca buruk terus melanda Kota Bengawan selama beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Mulai Dibongkar, Jembatan Jurug B Solo Sebentar Lagi Tinggal Kenangan

“Untuk pembongkaran sejauh ini tidak ada masalah meskipun cuaca buruk, pengerjaan masih terus dilakukan,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (24/10/2022). Alasan mengapa bagian timur yang dibongkar terlebih dahulu dikarenakan faktor keamanan dan kelancaran pembongkaran.

jembatan jurug B solo
Jembatan Jurug B Solo yang sudah terputus di bagian tengah karena dibongkar untuk diganti struktur baru. Foto diambil Senin (24/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

“Kenapa tengah ke timur, supaya lebih aman dan lancar. Bagian yang dibangun dulunya adalah dari bentang timur ke barat. Jadi itu alasan kenapa membongkarnya dari tengah ke timur bukan tengah ke barat,” jelasnya.

Sebagai informasi, tahap pembongakaran Jembatan Jurug B Solo ditargetkan rampung pada November 2022. Sedangkan secara keseluruhan hingga penggantian Jembatan Jurug B diperkirakan rampung dan bisa dilewati pada Agustus 2023.

Baca Juga: Jurug B Solo Terpanjang, Ini Daftar 9 Jembatan Callender Hamilton di Jateng

Sebagai informasi, Jembatan Jurug B Solo dibongkar dan akan diganti strukturnya menggunakan sistem konstruksi box girder yang diklaim lebih kuat dan bisa tahan hingga 100 tahun. Selain itu, struktur box girder juga disebut unggul dari sisi artistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya