SOLOPOS.COM - KGPAA Mangkunegara X memberikan sambutan pada soft opening Taman Pracima atau Pracima Tuin, Solo, Sabtu (21/1/2023). (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Taman Pracima Pura Mangkunegaran telah di-soft opening oleh KGPAA Mangkunagoro X dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Sabtu (21/1/2023) siang.

Namun wisatawan umum belum bisa masuk untuk mengunjungi taman itu sekitar sepekan hingga dua pekan mendatang. Untuk bisa masuk ke Taman Pracima harus melalui reservasi atau pemesanan terlebih dulu. Reservasipun ada prosedurnya.
Update informasi bagaimana cara berkunjung ke Taman Pracima akan diunggah di akun Instagram @pracima.mn.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Sementara ini kami buka bertahap sampai grand opening bulan Maret,” ujar KGPAA Mangkunagoro X saat diwawancara wartawan seusai soft opening.

Untuk target pengunjung harian Taman Pracima, menurut dia belum akan begitu banyak pada hari-hari ke depan. “Mungkin siang hari hanya sekitar 75 orang dan malam 100 orang. Kurang lebih sekitar itu dulu,” terang dia.

Mangkunagoro X menjelaskan reservasi kunjungan ke Taman Pracima bisa dilakukan bersama dengan paket kunjungan menyeluruh maupun hanya di taman. Sedangkan waktu kunjungan mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

“Alhamdulillah siang ini kami sudah lakukan soft opening, cuaca cerah, kegiatan berjalan dengan lancar. Setelah ini Taman Pracima pelan-pelan dibuka agar publik bisa berkunjung. Untuk sementara kami buka dengan kuota terbatas melalui reservasi dulu,” imbuh dia.

Mangkunagoro senang dengan selesainya pembangunan Taman Pracima Pura Mangkunegaran. Ke depan dia ingin Taman Pracima bisa menjadi ruang budaya untuk mengenalkan kebudayaan kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda.

“Bagaimana Taman Pracima ke depan bisa menjadi ruang budaya. Kami dari Mangkunegaran sebagai pusat budaya bisa mengenalkan kebudayaan ini kepada masyarakat luar, agar tak hanya melihat, tapi ikut berkegiatan, menjadi bagian budaya itu sendiri,” urai dia.

Mangkunagoro X menjelaskan ada beberapa elemen budaya yang bisa dikenalkan Mangkunegaran kepada masyarakat. Seperti elemen kuliner khas Mangkunegaran, busana khas, hingga kesenian dengan adanya sejumlah event atau kegiatan yang akan digelar.

“[Tarif masuk Taman Pracima] Lihat di IG ya. Nanti kami umumkan di IG soal tarif reservasi. Jadi semua dengan reservasi sementara ini. Ada yang paket, ada yang sendiri. Sementara tentatif. Untuk sementara wisata biasa belum bisa masuk dulu,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya