SOLOPOS.COM - Terminal Kota Klaten. (dok Solopos)

Terminal Kota Klaten. (dok Solopos)

Klaten (Solopos.com)--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten merencanakan proyek penataan untuk memperindah wajah kota dengan kebutuhan anggaran senilai Rp 95 miliar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Pemkab Klaten, Bambang Sigit Sinugroho saat ditemui wartawan, Senin (1/8/2011), mengatakan dana senilai Rp 95 miliar itu digunakan untuk beberapa pembangunan fisik seperti pembangunan terminal di kawasan Buntalan, Klaten Tengah, pembangunan Masjid Agung, merelokasi SMAN 3 Klaten, pembangunan taman atau kawasan hijau, trotoar jalan, dan lain-lain.

“Khusus pembangunan terminal membutuhkan dana Rp 25 miliar, pembangunan Masjid Agung senilai Rp 30 miliar, pembangunan taman dan trotoar jalan senilai Rp 10 miliar. Sementara sisanya digunakan untuk merelokasi SMAN 3 Klaten,” kata Bambang di Setda Pemkab Klaten.

Bambang mengakui, kondisi keuangan Pemkab Klaten sedang mengalami defisit. Padahal, dana yang dibutuhkan untuk proyek penataan kota itu cukup besar. Oleh sebab itu, pihaknya akan mengusulkan proyek penataan kota itu bisa didanai pemerintah pusat. ”Memang dana itu cukup besar. Tapi pemerintah pusat bisa mencairkan dana itu secara bertahap,” kata Bambang.

Proyek penataan kota itu, kata Bambang, akan dimulai pada tahun 2012 nanti. Namun jenis pekerjaan akan disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada. ”Paling tidak tahun 2012 nanti bisa dimulai dengan menyiapkan kawasan baru pembangunan terminal di kawasan Buntalan,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, hingga kini pihaknya sudah menyusun detail engineering design (DED) proyek pembangunan terminal. DED tersebut sudah diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya