SOLOPOS.COM - Aktivitas perdagangan di Pasar Gede Solo menurun saat Pilkada serentak, Rabu (9/12/2015). Para pedagang dan pembeli memilih menggunakan hak pilihnya terlebih dahulu sebelum ke pasar. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Penataan Pasar Gede Solo, PKL kuliner di Pasar Gede dipindah ke lantai II sisi barat.

Solopos.com, SOLO–Pedagang kaki lima (PKL) kuliner yang berada di kawasan Pasar Gede akan direlokasi masuk ke lantai II Pasar Gede sisi barat. Relokasi mulai dilaksanakan Minggu (10/1/2016).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pantauan Solopos.com, Jumat (8/1/2016), baru ada dua pedagang kuliner yang berjualan di kios lantai II Pasar Gede sisi barat. Sejumlah PKL kuliner lain masih berjualan di pelataran pasar dan di lorong Pasar Gede.

Lurah Pasar Gede, Nur Rahmadi, mengatakan selama sepekan yakni mulai Minggu hingga Minggu (10-17/1/2016) akan dilaksananakan proses relokasi PKL kuliner di lantai II Pasar Gede sisi barat. Seluruh PKL kuliner yang saat ini masih berjualan di kawasan Pasar Gede akan ditertibkan dan direlokasi ke lantai II.

Rahmadi menyampaikan total PKL kuliner di kawasan Pasar Gede sebanyak 16 pedagang. PKL kuliner tersebut diberi fasilitas kios yang ada di lantai II.

Jumlah kios yang ada di lantai II Pasar Gede sisi barat sebanyak 46 kios. 16 kios di antaranya akan digunakan untuk berjualan kuliner. Sedangkan yang lain untuk jualan barang-barang kering dan suvenir.

“Mulai Minggu nanti sudah mulai proses relokasi. Ini supaya lebih rapi dan bersih. Nanti, lantai II sisi utara untuk kuliner basah dan sisi selatan untuk kuliner kering serta camilan,” jelas dia kepada Espos, Jumat.

Seorang pedagang kuliner Pasar Gede, Harni, 44, mengatakan sudah mengetahui rencana relokasi pedagang kuliner Pasar Gede. Dia pesimistis ruang baru yang disediakan Pemkot di lantai II itu bisa ramai pengunjung.

Menurut dia, pedagang kuliner seharusnya tidak diletakkan di lantai atas, melainkan di lantai dasar pasar. “Kalau kuliner diletakkan di lantai atas, lantas siapa yang akan membeli. Kami berjualan di bawah kan untuk menyediakan bagi pedagang lain dan pengunjung yang ingin berjalan-jalan di Pasar Gede,” ujar dia.

Harni menyampaikan untuk lokasi yang disediakan di lantai II kondisinya bersih dan baik. Dia berharap masih bisa berjualan di lorong Pasar Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya