SOLOPOS.COM - Suasana Pendapa Gedhe Boyolali di Alun-alun Kidul pada Senin (8/5/2023). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Pendapa Gedhe di Alun-alun Kidul Boyolali bakal ditata dengan pagu anggaran Rp1,45 miliar pada 2023 ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Boyolali, Ahmad Gojali, mengungkapkan penataan Pendapa Gedhe Boyolali menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023. Saat ini dalam proses lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Boyolali.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman LPSE, ada 21 peserta lelang pada Minggu (7/5/2023).

“Luas yang dikerjakan kurang lebih 1.500 meter persegi dengan uraian pekerjaan ada peremajaan atap dan nok pendapa dari pelat ke tembaga,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat (5/5/2023).

Selain itu, ada pengecatan ulang profil rangka baja dari mulai kuda-kuda, jurai, dan gording. Lalu ada penggantian plafon, pengecetan bidang kayu aksesori pendapa.

Kemudian ada penahan air hujan yang masuk ke pendapat serta perbaikan talang air. Lalu ada pembuatan ramp difabel untuk askes ke Pendapa Gedhe Boyolali, perbaikan dan normalisasi saluran keliling pendapa dan pembuatan bak kontrol pemecah air serta penutup saluran yang sudah rusak.

“Ada juga pemasangan AC [air conditioner] untuk ruang rapat eksisting, pemindahan akses masuk para ruang rapat eksisting. Untuk ruang rapat eksisting tidak dibongkar, tetap digunakan hanya ada perubahan akses dan penambahan AC,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gojali mengatakan tujuan dari penataan Pendapa Gedhe Boyolali adalah pemeliharaan berkala bangunan serta memiliki fungsi tambahan sebagai ruang rapat.

Ia berharap dari penataan tersebut maka bangunan Pendapa Gedhe yang merupakan aset daerah yang setiap saat dilihat oleh siapapun yang berkunjung ke Kompleks Perkantoran Alun-Alun Kidul Boyolali dapat terjaga dan terawat secara berkala.

“Rencana jangka waktu pelaksanaan 180 hari kalender, akan tetapi saat ini masih proses lelang,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya