SOLOPOS.COM - Joko Widodo (JIBI/SOLOPOS/dok)

Joko Widodo (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan dirinya tidak ada niat mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta. Terbukti, mulai dari penjaringan di DPD PDIP DKI hingga DPP PDIP, dirinya tidak pernah mendaftarkan diri.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Namun demikian, Jokowi juga mengaku siap jika DPP PDIP ternyata memutuskan untuk mendaftarkan namanya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI. “Kalau didaftarkan ya itu lain. Mau tidak mau harus siap, dan saya siap untuk bertarung. Siap tarung dan siap menang,” katanya.

Lebih jauh, Jokowi menegaskan dirinya masih cinta dengan Kota Solo. Karena itulah, ia tidak pernah mendaftar dalam proses penjaringan baik di tingkat DPD PDIP DKI maupun DPP PDIP. Dia juga mengaku heran mengapa namanya seringkali disebut-sebut dalam banyak survei.

Sebagaimana diinformasikan, nama Jokowi memang sangat sering disebut dalam survei yang dilakukan sejumlah lembaga. Dalam kebanyakan survei itu, Jokowi hampir selalu berada di papan atas dan dinilai sebagai calon potensial untuk mengisi kursi DKI 1.

Terakhir, berdasarkan survei yang dilakukan Indobarometer, Jokowi menempati urutan ketiga di bawah Gubernur DKI saat ini, Fauzi Bowo alias Foke dan politisi Partai Golkar, Tantowi Yahya. Kendati hanya di posisi tiga, peluang Jokowi untuk maju menjadi calon Gubernur DKI, seperti dikatakan Ketua DPP PDIP, Bambang Wuryanto, masih terbuka lebar.

DPP belum selesai menggodok nama-nama calon yang akan diusung sebagai calon pemimpin Provinsi DKI Jakarta. Jokowi sendiri mengatakan semuanya memang tergantung Megawati Soekarnoputeri sebagai ketua umum partai berlambang banteng moncong putih itu.

Sebelumnya, Jokowi juga menyatakan apapun yang jadi keputusan partai dirinya akan mengikuti. Namun demikian, dia berharap jika DPP memutuskan mengusung dirinya sebagai calon gubernur DKI, maka hendaknya perintah agar dirinya maju itu disertai dengan perhitungan yang matang hingga sedetail-detailnya.

Informasi yang dihimpun Espos, pendaftaran calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) di KPU Provinsi DKI Jakarta baru saja ditutup untuk jalur independen pada Minggu (12/2/2012). Sedangkan bagi pasangan Cagub dan Cawagub dari jalur partai politik baru akan dibuka pada 13-19 Maret mendatang. Artinya, masih ada waktu sekitar sebulan bagi DPP PDIP untuk menggodok nama-nama yang akan diusung sebagai calon pemimpin DKI.

JIBI/SOLOPOS/Suharsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya