SOLOPOS.COM - Sejumlah warga Kampung Kaliancar, Kelurahan Kaliancar, Selogiri, Wonogiri, melintas di jalan kampung setempat, Minggu (14/1/2018). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Warga Kaliancar, Selogiri, Wonogiri, terganggu bau tak sedap yang tak diketahui jelas sumbernya.

Solopos.com, WONOGIRI — Warga Kelurahan Kaliancar, Selogiri, Wonogiri, terganggu dengan bau tak sedap yang kerap tercium selama 10 hari terakhir. Warga belum tahu persis di mana sumber bau menyengat tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Warga Garon, Kaliancar, Giman, saat ditemui Solopos.com di dekat rumahnya, Minggu (14/1/2018), menyampaikan warga kampungnya sudah banyak yang mengeluh karena kerap mencium aroma tak sedap seperti bau septic tank atau tempat penampungan kotoran manusia. Semula dia mengira bau tersebut keluar dari septic tank rumahnya.

Tak ingin bau itu tercium tetangga, lelaki paruh baya itu membersihkan saluran pembuangan kotoran di rumahnya. Bahkan, dia juga mengganti pipa paralon pembuangan gas septic tank miliknya agar lebih tinggi.

Giman mengira paralon pembuangan gas di rumahnya terlalu pendek sehingga gas bisa tercium. Namun, setelah diperbaiki dia tetap mencium bau menyengat.

“Lalu saat bertemu warga lain, ternyata mereka juga mencium bau yang sama. Mereka awalnya juga mengira bau tak sedap itu berasal dari septic tank di rumah mereka masing-masing,” kata Giman diamini warga lain yang saat itu berkumpul bersamanya.

Mereka semua bingung karena tak mengetahui sumber bau itu sampai kemudian ada salah satu warga yang bekerja salah satu pabrik di Sukoharjo mengatakan bau tak sedap di Kaliancar itu sama dengan bau dari pabriknya. Warga menginformasikan pabrik tempatnya bekerja diprotes warga yang sudah sangat terganggu dengan bau itu.

“Memang tidak setiap hari tercium. Tapi 10 hari ini lebih sering tercium, biasanya kalau habis hujan. Kalau pagi sudah tercium biasanya baunya bertahan sampai sore. Saya kan punya penyakit asma. Kalau pas mencium bau itu bikin dada tambah sesak,” ulas Giman.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Adhi Dharma, mengaku juga pernah mencium bau tak sedap seperti bau septic tank saat berada di rumahnya di Kaliancar. Kala itu dia bersama anaknya langsung mencari sumber bau di luar rumah, tetapi tak ketemu.

Tak lama kemudian dia mendapat informasi ada warga lain yang mencium bau tersebut. Kendati demikian hingga Minggu dia belum menerima laporan ada warga yang kesehatannya terganggu akibat bau itu.

“Saya akan menerjunkan kader kesehatan untuk mengecek ke sejumlah tempat untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya,” kata Adhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya