SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melewati Jl Surya Utama di belakang kampus UNS Solo, Jumat (11/11/2022). ((Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Aparat Polresta Solo masih menyelidiki kasus pencurian sepeda motor yang dialami seorang mahasiswa di rumah indekos kawasan sekitar kampus UNS Solo, beberapa hari lalu.

Selain itu, aparat kepolisian bakal meningkatkan patroli keliling sekaligus mengedukasi masyarakat agar ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Aksi kriminalitas dengan target mahasiswa indekos seakan tak pernah berhenti. Para pelaku kejahatan memanfaatkan kesempatan dan situasi yang sepi di sekitar kawasan indekos. Mereka langsung beraksi menggondol barang berharga milik penghuni indekos seperti sepeda motor, laptop, dan handphone.

Kasus pencurian sepeda motor yang terjadi beberapa hari lalu dialami Almas Imtiyaz Rihadatul Aisy, mahasiswi Pendidikan  Bahasa Indonesia UNS Solo. Sepeda motor Honda Vario miliknya yang diparkir di rumah indekos di pinggir Jl Surya, Jebres, hilang dibawa pencuri.

Kasus itu telah dilaporkan ke pihak berwajib dan kini dalam proses penyelidikan. Kapolsek Jebres, AKP Muhammad Fadlan, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, membenarkan telah menerima laporan kasus pencurian sepeda motor milik mahasiswi itu.

Baca Juga: Jadi Korban Pencurian, Mahasiswa Kehilangan Motor di Kawasan Indekos UNS Solo

Polisi masih memyelidiki kasus tersebut. “Sekarang kasus itu ditangani oleh Polresta Solo. Kami tidak melakukan penyidikan,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (16/13/2022).

Sebenarnya, Tim Sparta Polresta Solo sudah gencar melakukan patroli keliling di kawasan indekos UNS Solo pada malam hari untuk antisipasi pencurian motor atau tidak kriminalitas lainnya. Patroli keliling tak hanya di pinggir jalan melainkan juga menyisir gang-gang sempit yang banyak terdapat rumah indekos.

Hal ini dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi penghuni indekos. “Kami juga sudah menempel stiker call center pengaduan gangguan kamtibmas di setiap rumah indekos. Pasti ditindaklanjuti dan direspons jika ada aduan maupun laporan dari masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Waduh! Belum Sepekan Dipasang, 1 Kamera CCTV di Ngarsapura Solo Hilang Dicuri

Masyarakat setempat terutama pemilik indekos diharapkan juga ikut memperketat pengawasan keamanan di wilayahnya masing-masing. Misalnya, memasang kamera CCTV atau closed circuit televison di pintu masuk atau halaman rumah indekos.

Bisa juga dengan memasang kunci gembok dobel di pintu gerbang untuk mengantisipasi aksi kejahatan di rumah indekos. Lurah Jebres, Lanang Aji Laksito, menyampaikan anggota linmas selalu berkoordinasi dengan babinsa dan bhabinkamtibmas untuk berpatroli keliling di kawasan indekos. Bila terjadi aksi kriminalitas, masyarakat maupun penghuni indekos diimbau melapor ke pihak berwajib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya