SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPDB online di SMP. (dok-Solopos.com)

Solopos.com, SRAGEN — Jumlah pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP jalur afirmasi di Kabupaten Sragen mencapai 1.348 orang dan hasilnya diumumkan Kamis (22/6/2023). Sementara PPDB SMP untuk jalur lainnya diundur ke 4 Juli 2023 mendatang, sedianya dimulai Senin (26/6/2023). Mundurnya jadwal PPDB SMP jalur zonasi, pindah orang tua, dan prestasi tersebut disebabkan adanya cuti Iduladha.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen, Muh. Farid Wajdi, mengungkapkan pada hari terakhir pendaftaran PPDB jalur afirmasi, Selasa (20/6/2023), ada 90-an calon siswa baru yang tidak bisa masuk dalam sistem. Data mereka akhirnya dimasukan secara manual.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Data mereka belum bisa masuk ke sistem PPDB itu problemnya terkait dengan syarat surat data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan nomor induk siswa nasional (NISN) belum bisa masuk ke sistem karena data DTKS belum bisa ditarik semua ke sistem. Dia mengaku data akhirnya dimasukan manual dan kemarin pelayanan itu hingga Magrib,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com Rabu (21/6/2023).

Semua pendaftar jalur afirmasi akhirnya terakomodasi dan kini sedang dianalisis berkas mereka. Hasil analisis itu akan diumumkan pada Kamis besok. Dia berharap semua pendaftar bisa diterima semua sesuai dengan sekolah pilihan masing-masing.

“Besok akan diumumkan pada pukul 10.00 WIB. Nanti pengumumannya ditempel di sekolah masing-masing,” katanya.

Lebih jauh Farid menerangkan karena terbit Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri terkait cuti Iduladha yang berlangsung 28-30 Juni 2023, maka diputuskan pedaftaran PPDB SMP tiga jalur lain diundur pada 4 Juli. Disdikbud Sragen segera merevisi petunjuk teknis (juknis) PPDB menyesuaikan dengan kebijakan terbaru.

Dia mengatakan daya tampung untuk PPDB SMP mencapai 12.544 siswa yang terdiri atas 9.792 siswa di sekolah negeri dan 2.784 di sekolah swasta. Informasi detail terkait PPDB bisa diakses di ppdb.sragenkab.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya