SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 40 warga di 15 desa di Kabupaten Wonogiri mendaftar sebagai calon peserta pemilihan kepala desa (pilkades), Rabu (7/12/2022) mendatang. Sebanyak lima dari dari 15 desa yang bakal melaksanakan Pilkades, jumlah pendaftarnya lebih dari dua orang.

Jumlah pendaftar pilkades terbanyak berada di Desa Tawangrejo (Kecamatan Jatipurno) dan Desa Gambiranom (Kecamatan Batuwarno). Di kedua desa tersebut, masing-masing terdapat lima pendaftar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Jumlah pendaftar pilkades di Desa Karangtengah (Kecamatan Karangtengah) mencapai empat orang. Selanjutnya, dua desa terdapat tiga pendaftar, yakni Desa Glinggang (Kecamatan Pracimantoro) dan Desa Tempurharjo (Kecamatan Eromoko).

Sedangkan 10 desa lainnya, masing-masing memiliki dua pendaftar. Masing-masing desa itu, seperti Desa Jatisrono (Jatisrono), Desa Geneng (Bulukerto), Desa Tanjung (Bulukerto), Desa Miri (Kismantoro), Desa Bakalan (Purwantoro), Desa Baleharjo (Eromoko), Desa Tambakmerang (Girimarto), Desa Keloran (Selogiri), Desa Ngadiroyo (Nguntoronadi), Desa Wonoharjo (Nguntoronadi).

Kini, seluruh panitia Pilkades di 15 desa di Kabupaten Wonogiri memasuki tahap penelitian berkas pendaftaran. Para pendaftar diminta melengkapi berkas yang ditentukan panitia sampai batas akhir 7 November 2022.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Wonogiri, Zyqma Idatya Fitha alias Fitha, mengatakan seluruh peserta yang dinilai telah melengkapi berkas dan memenuhi persyaratan panitia ditetapkan sebagai cakades sekaligus mendapat nomor urut dalam Pilkades pada 11 November 2022.

Baca Juga: Belum Rampung 100%, Pemutakhiran Data SDGs di 15 Desa Wonogiri Diperpanjang

“Bisa jadi dari 40 pendaftar Pilkades itu jumlahnya berkurang. Kalau tambah kayaknya enggak mungkin. Misalnya setelah diminta melengkapi berkas ternyata ada desa yang calonnya kurang dari dua, akan kami adakan waktu perpanjangan pendaftaran setelah 7 November 2022 nanti,” kata Fitha, kepada Solopos.com, Selasa (25/10/2022).

Ia menambahkan, gelaran pilkades yang diikuti 40 pendaftar itu mayoritas berstatus petahana. Hanya dua desa, yakni Desa Tawangrejo (Jatipurno) dan Desa Tanjung (Bulukerto) yang seluruh pendaftarnya tergolong wajah baru. Seluruh pendaftar di dua desa tersebut merupakan tokoh masyarakat.

Bagi pendaftar yang statusnya petahana, mereka bakal dinonaktifkan dari jabatannya sebagai kepala desa terlebih dahulu. Peran dan jabatannya bakal digantikan sekretaris desa.

Disinggung soal potensi konflik yang bakal terjadi pada gelaran pilkades mendatang, Fitha memastikan hal itu tak bakal terjadi. Sebab, pelaksanaan pilkades diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 28/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pilkades dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019.

Baca Juga: Gelar Pilkades, 15 Desa di Wonogiri Jadi Pilot Project Pemutakhiran Data SDGs

Dalam peraturan itu, terdapat batasan bagi cakades untuk mengumpulkan massa. Di tempat pemungutan suara (TPS), panitia juga membatasi jumlah DPT yang mencoblos, maksimal 500 DPT di setiap TPS.

Pada waktu pendaftaran pun, setiap pendaftar yang hadir hanya dapat didampingi paling banyak satu orang. Mereka dilarang membawa rombongan guna menghindari kerumunan.

Jaminan aman pada gelaran pilkades tahun ini diakui Ketua Panitia Pilkades Bakalan, Purwantoro, Ruly. Di Desa Bakalan, terdapat dua pendaftar pilkades, yakni kades petahana dan wajah baru yang merupakan tokoh masyarakat. Kini, tahapan pilkades di Bakalan memasuki tahapan verifikasi berkas pendaftaran.

Berkaca dari pengalaman pilkades sebelumnya, Ruly memastikan situasi jalannya Pilkades berlangsung aman.

Baca Juga: Dukung Pilkades di 15 Desa, Pemkab Wonogiri Siapkan Anggaran Rp262,5 Juta

“Saya sudah mengalami pilkades beberapa kali di sini. Aman-aman saja, tidak ada konflik,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya