SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI – Di tahun ajaran 2012/2013, ada 13.216 kursi untuk kelas VII SMP yang diprediksi tidak akan terisi penuh. Pasalnya, berdasar dari pengalaman di beberapa tahun sebelumnya, banyak lulusan SD yang memilih meneruskan sekolah di luar wilayah Wonogiri. Bahkan, lulusan SD di perbatasan wilayah juga lebih memilih meneruskan sekolah ke SMP di wilayah lain karena jaraknya lebih dekat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto, Rabu (9/5/2012). “Itu masih ditambah kenyataan di lapangan bahwa ada lulusan SD yang memilih untuk tidak meneruskan pendidikan ke SMP. Penyebabnya mulai dari jarak sekolah ke tempat tinggal yang jauh hingga pergi merantau bersama orangtuanya,” terangnya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ia menambahkan, adanya siswa yang tidak mau melanjutkan sekolah merupakan tugas bagi dinas untuk mengantisipasi karena pemerintah telah memberikan kewajiban pendidikan dasar sembilan tahun. Jadi, walaupun lulusan SD tahun ajaran 2011/2012 diprediksi mencapai angka 15.516 siswa, daya tampung SMP diperkirakan tidak akan kurang.

“Jika dilihat sekilas, memang kursi kelas VII SMP tidak bisa menampung lulusan SD karena jumlah lulusan SD yang lebih banyak dari daya tampung. Tapi, kenyataannya, masih banyak SMP yang mengeluh kekurangan murid baru. Apalagi di sekolah yang ada di daerah pinggir kota. Pada tahun ajaran sebelumnya, ada sekitar 4.000 kursi kelas VII yang tidak terisi,” imbuh Siswanto.

Ia mengatakan, saat ini di Kabupaten Wonogiri terdapat 115 SMP yang terdiri dari 76 SMP negeri dan 39 SMP swasta. Dari semua SMP itu, ada 413 ruang untuk kelas VII atau kelas untuk siswa baru. Sesuai peraturan dari Kementerian Pendidikan Nasional, setiap kelas hanya boleh menampung 32 siswa.

Maka, dari 413 ruang kelas VII itu hanya bisa menampung 13.216 siswa. Tapi, Siswanto kembali menegaskan bahwa tidak semua siswa SD lulusan dari Wonogiri bersekolah di Wonogiri. Ada juga yang sekolah di luar daerah karena ikut orangtuanya atau memilih sekolah yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya