SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

Banyak siswa belum hafal bait II dan III Lagu Indonesia Raya. 

Solopos.com, SOLO—  Lagu Indonesia Raya tiga stanza  mulai dinyanyikan pada hari pertama masuk sekolah, Senin (17/7/2017). Banyak siswa yang belum hafal.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Beberapa sekolah lain sebatas memperkenalkan bait kedua dan ketiga lagu kebangsaan Indonesia tersebut kepada para siswa.

Salah satu sekolah yang sudah menyanyikan Lagu Indonesia Raya tiga stanza adalah SMP Negeri (SMPN) 2 Solo. Hal itu diakui Kepala SMPN 2 Solo, Bambang Edy Kusumo M., ketika dimintai konfirmasi, Senin. Menurut Bambang, cukup banyak siswa yang belum hafal lirik lagu bait kedua dan ketiga.

“Untuk hari pertama masuk sekolah tadi sudah dikenalkan Lagu Indonesia Raya tiga stanza. Hanya memang banyak yang belum hafal syair stanza kedua dan ketiga,” ungkap dia. Terkait instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, untuk menyanyikan lagu tersebut, Bambang mengatakan para siswa bisa menghafalkan liriknya. Pengelola sekolah memberikan ketikan syair lagu tersebut kepada mereka.

“Setiap anak diberi ketikan syair Indonesia Raya tiga stanza untuk dihafalkan,” tambah dia. Pada pekan depan, Bambang berharap semua siswa sudah hafal syair lagu sehingga lancar saat menyanyikannya.

Sekolah lain yang sudah menyanyikan Lagu Indonesia Raya tiga stanza adalah SD Negeri (SDN) Mangkubumen Kidul No. 16 Solo. Menurut Kepala SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Solo, Surati, pihaknya mulai memperkenalkan para siswa dengan lagu tersebut. “Hari ini tadi memang baru satu stanza yang dinyanyikan, dua stanza lainnya baru dilatih,” ungkap dia. Surati yakin para siswa bisa segera hafal Lagu Indonesia Raya tiga stanza agar bisa dinyanyikan setiap hari.

Terpisah, Kepala SMPN 10 Solo, Tarno, mengakui baru menyanyikan bait pertama lagu Indonesia Raya. Khusus bait kedua dan ketiga baru diperkenalkan. Ke depan bait kedua dan ketiga dinyanyikan secara bertahap.

Sementara itu, di SDN Nayu 3 Solo, menurut Kepala SDN Nayu 3, Yuliati, Lagu Indonesia Raya tiga stanza belum mulai dinyanyikan. Sekolah dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Namun, dirinya akan menggandakan lembar lirik lagu tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya