SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pendistribusian e-KTP secara resmi telah dimulai Jumat (4/5/2012) pagi ini. Hal itu ditandai dengan penyerahan simbolis oleh Walikota Solo, Joko Widodo, di Kantor Kecamatan Banjarsari.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sebanyak 10 warga perwakilan masing-masing dua orang dari lima kecamatan menerima penyerahan simbolis yang dilakukan dalam rangkaian acara mider praja tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Solo, Untara mengungkapkan hingga, Rabu (2/5/2012) lalu, total sudah 196.495 keping e-KTP yang dikirim dari pemerintah pusat ke Solo.

“Sisanya, sebanyak 155.205 keping, dijanjikan pemerintah pusat akan dikirim secara bertahap bulan Mei ini. Sehingga diharapkan pada Juni atau Juli pendistribusian ke warga bisa selesai,” jelas Untara.

Untara menambahkan sampai saat ini dari target sebanyak 350.365 warga wajib KTP yang tercatat di database dan dilaporkan ke pemerintah pusat, capaian perekaman data mencapai 352.690 warga atau sebesar 100,38% dari target. Kelebihan 0,38% itu antara lain dari warga wajib KTP yang baru mencapai usia 17 tahun, serta warga yang belum terdata karena berada di luar kota saat pendataan.

Proses perekaman data, menurut Untara, masih terus berlanjut hingga saat ini. Hanya saja, per 1 Mei, proses perekaman data itu ada pungutan retribusinya sesuai Perda No 9/2011 tentang Retribusi Daerah. Nilai pungutan retribusi itu sebesar Rp5.000.

Pelayanan perekaman e-KTP difokuskan di kantor Dispendukcapil, sedangkan kecamatan fokus pada pemilahan dan pembagian e-KTP. “Pembagiannya nanti pakai undangan dan harus mencocokkan sidik jari. Selain itu, KTP reguler mereka akan diminta kembali,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Solo, Joko Widodo berharap tidak akan ada masalah dalam pembagian e-KTP itu. “Kalaupun ada masalah ya segera dilaporkan ke pemerintah pusat. Sebab program ini kan masih tanggung jawab pusat,” kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya