SOLOPOS.COM - ilustrasi raskin (JIBI/dok)

Solo (Espos)–Pendistribusian beras untuk rakyat miskin (Raskin) di Kota Solo periode bulan Agustus 2010 ini bakal dimajukan dari jadwal semula. Hal tersebut merupakan upaya Pemkot untuk mengoreksi tingginya harga beras yang dalam beberapa pekan terakhir ini terus naik.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kota Solo, Asih Widodo mengemukakan pendistribusian Raskin yang diperuntukkan kepada 21.954 rumah tangga sasaran (RTS) secara regular dibagikan pada pekan kedua setiap bulannya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Namun Pemkot menilai dengan kenaikan harga beras di pasaran yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir, pihaknya mempercepat pendistribusian Raskin sekaligus sebagai upaya untuk menekan tingginya harga beras.

“Untuk periode bulan Agustus yang penyalurannya dijadwalkan pada pekan kedua, dimajukan menjadi pekan depan, yakni Senin (26/7). Jadi bulan Juli ini RTS dapat dua kali,” ujar Asih ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (22/7).

Asih mengatakan pada pendistribusian Raskin kali ini, masing-masing RTS memperoleh jatah total sebanyak 19 kilogram (kg), yang terdiri atas 15 kg jatah bulan Agustus sendiri, ditambah 4 kg yang berasal dari rapelan jatah Raskin dua bulan sebelumnya. Sehingga total Raskin yang dibagikan kali ini sebanyak 41,71 ton.

“Sebab per Juni 2010 kemarin jatah Raskin untuk masing-masing periode menjadi 15 kg, dari semula sebanyak 13 kg. Namun untuk jatah 15 kg tersebut untuk bulan Juni dan Juli lalu baru direalisasikan sebanyak 13 kg sehingga pendistribusiannya dirapel,” terang Asih.

sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya