SOLOPOS.COM - EBER WAYANG—Ketua LSM Derras, Sunarto (dalang) memainkan tiga tokoh wayang di depan pintu masuk Kantor Dinas Bupati Sragen, Senin (9/4/2012). (Tri Rahayu/JIBI/SOLOPOS)

EBER WAYANG—Ketua LSM Derras, Sunarto (dalang) memainkan tiga tokoh wayang di depan pintu masuk Kantor Dinas Bupati Sragen, Senin (9/4/2012). (Tri Rahayu/JIBI/SOLOPOS)

SRAGEN–Puluhan aktivis gabungan lembaga swadaya masyarakat (LSM) menggelar aksi wayangan di depan pintu kantor Dinas Bupati Sragen, Senin (9/4/2012).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mereka juga berorasi mendukung langkah Wakil Bupati (Wabup) H Daryanto yang melaporkan anggota tim suksesnya, Saiful Hidayat ke kepolisian.

Mereka duduk lesehan di halaman depan Kantor Dinas Bupati Sragen berhadap-hadapan. Di tengah-tengah mereka diletakkan dua kursi lipat dan potongan pohon pisang diletakkan pada dua kursi itu.  Pada potongan pohon pisang sepanjang satu meter itulah ditancapkan tiga tokoh wayang dan gunungan. Ketiga tokoh wayang itu Dursasana yang juga penegak kurawa, Togog dan Belung yang merupakan punakawan kurawa.

Ketua LSM Dewan Reformasi Rakyat Sragen (Derras), Sunarto, menjadi dalang dalam pertunjukkan wayang itu.  Sebelum pertunjukkan dimulai, sejumlah tokoh aktivis koalisi LSM menyampaikan orasi satu per satu. Anggota Koalisi LSM, Agus Prakosa, mendesak kepada aparat penegak hukum supaya menyelesaikan kasus terkait kas daerah (Kasda). Dia juga meminta aparat penegak hukum menindaklanjuti laporan Wabup.

Aktivis lainnya, Lilik, juga meminta aparat penegak hukum segera menangkap orang yang suka menyebar fitnah. Eko Prasetyo menambahkan polisi harus menindaklanjuti laporan Wabup agar dapat diketahui mana yang benar dan mana yang salah. Setelah dirasa sejumlah tokoh berorasi, giliran Sunarto beraksi.

Dia membacakan suluk pewayangan dan memulai dialog tokoh tiga wayang kulit itu.  Dalam cerita singkat itu, di antaranya menunjukkan ketika punakawan Togog dan Bilung menanyakan persoalan kasus Kasda kepada majikannya Dursasana.   Aksi tersebut berlangsung sampai Wabup H Daryanto hadir dari kegiatan kunjungan Mentero Koperasi di Kalijambe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya