SOLOPOS.COM - Penemuan arca di Dukuh Ngares, Desa Kadireso, Teras, Boyolali menjadi tontonan warga, Selasa (5/1/2016). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Penemuan arca di Boyolali menggegerkan warga Teras.

Solopos.com, BOYOLALI — Warga Ngares, Kadireso, Teras, Boyolali digegerkan penemuan arca di persawahan desa itu, Senin (4/1/2016) pagi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Balai Pelestarian Cacagar Budaya (BPCB) Jateng, Sri Ediningsih, mengaku belum mendapatkan laporan terkait temuan arca di Boyolali.

Ia belum bisa memastikan apakah itu benar arca atau tidak sebelum mengecek langsung ke lokasi. “Kami akan segera datang ke lokasi temuan arca untuk identifikasi. Untuk memastikan temuan itu perlu menelusuri kontek arca dengan lingkungannya,” ujar Sri saat dihububungi Solopos.com, Selasa.

Sri mengatakan kemungkinan besar jika melihat dari lokasi penemuan arca berasal dari peninggalan abad ke 8-10 masehi atau massa hindu budha. Hal itu didasari dari temuan arca sebelumnya di Boyolali sebagian besar adalah era massa Hindu Budha.

Arca ditemukan di lokasi pembuatan batu bata di persawahan Dukuh Ngares, Kadireso. Di lokasi tempat pembuatan batu bata itu terdapat tempat khusus menggali dan mengaduk tanah sebelum dicetak menjadi batu bata.

Di lokasi itu Supardianto, 38-bukan Maryoto seperti diberitakan sebelumnya— warga Dukuh Doplang RT 005 / RW 002, Desa Doplang, Teras, Boyolali menemukan arca yang diduga adalah arca Dewa Siwa peninggalan kerajaan Hindu Budha kuno. Lokasi temuan arca itu adalah Dukuh Ngares, Desa Kadireso, Teras, Boyolali.
Arca dengan panjang 70 sentimeter, lebar 40 sentimeter, dan berat 50 kg itu ditemukan Supardianto saat sedang menggali tanah menggunakan linggis dengan kedalaman 75 sentimeter pada Senin (4/1) sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat ditemukan kondisi arca dalam posisi terbariing dikelilingi batu besar berbentuk segi empat berjumlah tujuh batu. Sementara kepala arca menghadap ke utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya