SOLOPOS.COM - Sejumlah bus yang membawa rombongan jemaah calon haji kloter 1 memasuki area Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, Rabu (24/5/2023) dini hari. Calhaj Kloter 41 asal Kendal mengalami penundaan akibat pesawat mengalami kerusakan. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Keberangkatan jemaah calon haji atau calhaj yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 41 Embarkasi Solo harus tertunda karena pesawat yang akan digunakan mengalami gangguan kerusakan, Kamis (23/5/2024).

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rahma Indriadi menyampaikan jemaah calon haji kloter 41 itu berasal dari Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Dan rencana awal keberangkatannya pada Kamis (23/5/2024) sekitar pukul 07.40 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Namun, begitu jemaah calon haji memasuki Mecca Route di Bandara Adi Sumarmo, dapat informasi dari petugas inspeksi pesawat bahwa pesawat yang akan digunakan terbang mengalami gangguan sehingga harus ditunda sementara,” ungkap Gentur saat dihubungi Solopos.com, Kamis (23/5/2024).

Akhirnya, jemaah calon haji kloter 41 itu harus dikembalikan lagi ke Asrama Haji Donohudan. “Kami kembalikan jemaah calon haji ke Gedung Musdalifah, Asrama Haji Donohudan. Kasihan kalau harus nunggu di bandara,” kata Gentur.

Selain itu, Gentur juga menyampaikan bahwa pihak maskapai yang dalam hal ini Garuda Indonesia, telah menyampaikan permohonan maaf kepada pihak PPIH dan jemaah calon haji atas penundaan penerbangan itu. Sebagai gantinya, jemaah calon haji diberi kompensasi berupa konsumsi.

“Jadi, jemaah calon haji kloter 41 itu belum sempat terbang, namun harus dilakukan penundaan akibat gangguan tersebut. Dan sekitar pukul 12.17 WIB sudah diterbangkan menuju Madinah, Arab Saudi,” ungkap Gentur.

Penundaan jemaah calon haji kloter 41 yang berasal dari Kabupaten Kendal itu tidak mengganggu jadwal keberangkatan kloter-kloter setelahnya. Karena, menurut Gentur, jarak waktu penerbangan kloter 41 dengan kloter 42 lumayan jauh. Kloter 42, rencana diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi pada Kamis (23/5/2024) sekitar pukul 17.30 WIB.

Sebagai informasi, hingga Kamis ini, jemaah calon haji yang sudah masuk Asrama Haji Donohudan sebanyak 42 kloter atau sekitar 15.137 jemaah. Sementara, jemaah calon haji yang sudah berada di tanah suci sebanyak 37 kloter dengan jumlah 13.315 jemaah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya