SOLOPOS.COM - Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra di sela-sela acara pemberangkatan calon haji di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa (23/5/2023) malam. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Bandara Adi Soemarmo menjadi tempat perdana yang menerbangkan para calon haji (Calhaj) menuju Madinah, Arab Saudi pada Rabu (24/5/2023) dini hari.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama, Irfan Setiaputra kepada wartawan di Asrama Haji Donohudan Boyolali. “Ini perdana di SOC [Bandara Adi Soemarmo Solo], makanya saya ke sini,” kata dia, Selasa (23/5/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pesawat yang dinaiki oleh Calhaj kloter pertama asal Grobogan itu menjadi penerbangan pertama haji di Indonesia yang berangkat pukul 00.30 WIB. “Penerbangan kedua pukul 00.40 WIB dari Jakarta, hanya beda 10 menit, dan besok akan ada tembahan tiga penerbagan lagi,” kata dia.

Sementara itu, dia memastikan  ada lima pesawat tipe Airbus  yang disediakan pihak Garuda Indonesia. “Kita ada 14 unit pesawat untuk semua haji dari Indonesia yang ditangani oleh Garuda dan kita sediakan ada satu pesawat [Cadangan], insya Allah cadangannya tidak perlu digunakan,” lanjut dia.

Seperti diketahui, semua penerbangan haji dari Solo menggunakan Pesawat Garuda. Irfan mengklaim Garuda sudah berpengalaman menerbangakan haji selama 60 tahun lebih.  “Jadi ini sudah biasa dan ini kita sangat fokus [mempersiapkan] keberangkatan,” kata dia.

Bersamaan dengan itu, Sebanyak 360 calon haji (Calhaj) asal Grobogan yang merupakan kloter 1 berangkat dari Asrama Haji Donohudan, Boyolali menuju Bandara Adi Sumarmo Solo pada Selasa (23/5/2023). 

Pantuan Solopos.com, Calhaj mulai memasuki bus sekitar pukul 22.00 dan bus berangkat menuju bandara pukul 22.45 WIB. Sementara pesawat dijadwalkan akan terbang pada Rabu (24/5/2023) pukul 00.30 WIB.

Sebelum Menuju Madinah, Arab Saudi. Pesawat terlebih dahulu mendarat di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatra Utara untuk mengisi bahan bakar. Secara teknis, pesawat tidak mampu langsung menuju Kota Madinah lantaran kapasitas pesawat penuh.

Sebelum berangkat, Calhaj dikumpulkan di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan. Mereka diberi motivasi dan pembekalan. 

Terlihat, para Calhaj dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin; Kepala Kementerian Agama Jawa Tengah, Musta’in Ahmad; dan Direktur Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

“Kloter pertama sudah akan berangkat, seneng bisa melihat wajah-wajah jamaah haji kloter pertama. Sebagian besar dari Grobogan,” kata Ganjar kepada wartawan di Asrama Haji Donohudan, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya