SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO- Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo memastikan penerimaan siswa baru (PSB) pada tahun ajaran baru mendatang akan menerapkan sistem online. Butuh sosialisasi ke siswa maupun orangtua karena ini program baru.

“PSB online untuk tingkat SMP, SMA, SMK akan kami terapkan tahun ajaran baru nanti. Karena kami telah selesai melakukan persiapan dan kerja sama dengan UNS,” tegas Plt Kepala Disdik Sukoharjo, AA Bambang Haryanto, Senin (2/4/2012).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia menjelaskan sejak dua tahun lalu pihaknya sudah melakukan persiapan PSB secara online. Persiapan itu dilakukan saat daerah lain di kawasan Soloraya sudah menerapkan hal serupa menyusul Kota Solo sebagai pelopor.

Penerapan sistem online ini dianggap memudahkan sekolah dan orangtua siswa dan untuk mengantisipasi adanya titipan dari pihak-pihak tertentu. Karena itu secara perlahan Disdik terus mematangkan persiapan.

Oleh sebab itu Bambang mengaku telah menyiapkan sumber daya manusia. Mereka di antaranya para tenaga ahli dari UNS dan pihaknya juga menggandeng UNS menyangkut peralatan dan tekhnologi. Dia mengakui perapan sistem onoline di Sukoharjo masih awam. Karena itu pihaknya gencar melakukan sosialisasi sejak dini kepada sekuruh sekolah.

Selain sosialisasi ke sekolah, Disdik juga berharap para orangtua dan calon siswa bisa memahami sistem baru yang akan diterapkan. Mereka diharapkan ikut aktif mencari informasi di sekolah yang akan dituju.

“Dari sisi tenaga dan peralatan semua sudah siap, tinggal pelaksanaan saja kira-kira pertengahan tahun ini semoga bisa berjalan lancar,” kata dia.

Kabid SMP/SMA/SMK Disdik Sukoharjo, Dwi Atmojo Heri menambahkan rencana menerapkan PSB online sudah diusulkan sejak dua tahun terakhir. Namun untuk melaksanakan program tersebut Disdik masih membutuhkan persiapan sehingga rencananya baru bisa diterapkan pada tahun ajaran baru mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya