SOLOPOS.COM - Anggota Polri dan TNI mengikuti apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di halaman Gedung Setda Sukoharjo, Jumat (22/4/2022). (Istimewa-Humas Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di jalur mudik Lebaran difokuskan di wilayah Kartasura, Sukoharjo, yang menjadi titik simpul pertemuan Solo-Jogja-Semarang. Petugas bakal disebar di sejumlah ruas jalan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas.

Diketahui, selama ini lokasi sekitar Bundaran Kartasura menjadi titik pertemuan kendaraan bermotor dari arah Jogja, Semarang, dan Solo. Tak pelak, kerap terjadi penumpukan kendaraan bermotor para perantau yang hendak pulang ke kampung halaman menjelang Lebaran. Biasanya, penumpukan kendaraan bermotor terjadi di sepanjang Jalan Solo-Jogja tepatnya di simpang empat Sanggung, Kecamatan Gatak hingga Bundaran Kartasura.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan kondisi arus lalu lintas di wilayah Kartasura diprediksi padat mulai sepekan menjelang Lebaran. Para perantau dari wilayah Jakarta dan sekitarnya dan Jawa Barat menggunakan mobil pribadi menuju kampung halaman.

Baca juga: Pemkab Sukoharjo Sesalkan Warga Nekat Jebol Benteng Keraton Kartasura

“Fokus utama pengamanan dan pengaturan lalu lintas di wilayah Kartasura. Kendaraan bermotor dari Solo dan Semarang bertemu di Bundaran Kartasura. Begitu pula, kendaraan bermotor dari Surabaya atau Solo yang hendak ke Jogja dan Semarang juga melewati Bundaran Kartasura,” kata dia, saat ditemui wartawan seusai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di halaman Gedung Setda Sukoharjo, Jumat (22/4/2022).

Pengamanan Pusat Bisnis

Guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas, Polres Sukoharjo mendirikan satu posko pengamanan (Pospam) Lebaran di sekitar Terminal Lama Kartasura. Polisi lalu lintas juga disebar di lokasi rawan kemacetan arus lalu lintas. Mereka bakal turun lapangan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas.

Selain di Kartasura, dua Pospam Lebaran lainnya didirikan di sekitar Bundaran Pandawa, Solo Baru, dan simpang lima atau Proliman Sukoharjo. “Untuk kawasan Solo Baru difokuskan pada pengamanan pusat bisnis dan objek vital selama perayaan Lebaran. Sedangkan jalan Sukoharjo-Wonogiri menjadi jalur utama perantau yang pulang kampung ke wilayah Wonogiri dan Pacitan, Jawa Timur,” papar dia.

Baca juga: Polisi Sukoharjo Bongkar Pencurian Uang Lewat Kartu ATM, Ini Modusnya

Disinggung ihwal jumlah personel pengamanan Lebaran, Kapolres menjelaskan ada 500 personel yang disiagakan di tiga Pospam Lebaran, objek vital maupun pusat-pusat keramaian. Mereka bakal di-back up personel dari masing-masing polsek di setiap kecamatan.

Komandan Kodim (Dandim) 0726/Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, mengungkapkan bakal menerjunkan sekitar 200 personel guna membantu anggota Polri menjaga keamanan dan memperlancar arus mudik dan balik Lebaran pada tahun ini.

Kodim Sukoharjo berencana mendirikan rest area di sekitar Kartasura untuk para pemudik yang menempuh perjalanan jauh menuju tanah kelahiran. “Prinsipnya kami siap mem-back up pengamanan arus mudik Lebaran dan pengendalian pandemi Covid-19,” kata dia.

Baca juga: Ekonomi Bergeliat, Sukoharjo Gali Pajak Horeca dari Kawasan Solo Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya