SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi menjelaskan sistem keamanan Piala Dunia U-17 kepada perwakilan FIFA. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 87 kamera CCTV di Stadion Manahan Solo dan sekitarnya, diintegrasikan ke ruang Traffic Management Control (TMC) Satlantas Polresta Solo.

Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan sistem pengawasan orang yang berada di kawasan itu selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Sehingga aspek keamanan selama gelaran event internasional tersebut bisa dioptimalkan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hal itu terungkap saat kunjungan tim perwakilan FIFA ke Ruang TMC Satlantas Polresta Solo, Senin (6/11/2023). Perwakilan dari FIFA ditemui langsung Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, beserta jajaran perwira. Iwan mengatakan integrasi kamera CCTV sengaja dilakukan menyambut Piala Dunia U-17.

Sebelumnya belum pernah dilakukan integrasi kamera CCTV itu. “Jadi kamera CCTV ini terpasang di inti stadion yakni di lapangan, kemudian lapis luar, sampai dengan lingkar luar stadion dalam hal jalan-jalan yang mengelilingi Stadion Manahan. Ini akan berfungsi selama 24 jam,” ujar dia.

Iwan menjelaskan sistem yang digunakan itu dilengkapi dengan pendeteksi wajah sehingga ketika ada orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Polri masuk ke radius pengawasan, sinyal detektor di TMC Polresta Solo akan menyala. Sistem juga dilengkapi detektor retina.

Sistem itu untuk mendeteksi bila ada penonton yang hadir dan sedang dalam pengaruh minuman keras atau narkoba. Selain kamera CCTV status, Iwan mengatakan ada 12-an body camera yang dipasang di tubuh anggota Polri dengan fungsi yang sama. Kamera itu saling melengkapi.

Iwan menambahkan TMC Polresta Solo akan menjadi posko Satgas Pengamanan Piala Dunia U-17 untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng). “Jadi kedatangan perwakilan FIFA ini untuk menyaksikan bagaimana kami menyiapkan personel sekaligus peralatan dan gelar pasukan,” urai dia.

Menurut dia, sebanyak 4.258 personel gabungan Polda Jateng diterjunkan untuk pengamanan Piala Dunia U-17. Personel sebanyak itu akan difokuskan untuk pengawalan selama event berlangsung. Pengawalan itu untuk tim kesebelasan, FIFA, official dan para tamu.

Pengawalan akan dilakukan dari penginapan menuju lokasi latihan maupun ke venue pertandingan. Guna memantau arus, akan digunakan 258 lokasi kamera CCTV yang terpasang dipenggal jalan Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya