SOLOPOS.COM - WISATA AIR -- Kawasan wisata air Tlatar selama ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di Boyolali. (JIBI/Solopos/Dok.)

PEMANDANGAN INDAH -- Kawasan Waduk Cengklik yang menjadi lokasi budi daya perikanan dan wisata air masih sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata dengan pengelolaan yang lebih baik. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Boyolali (Solopos.com) – DPRD Boyolali menyayangkan sektor pariwisata di Boyolali yang belum tergarap dengan baik. Pasalnya, dari tahun ke tahun bidang yang dianggap bisa meningkatkan potensi Kota Susu ini belum banyak tergali. Menurut mereka masih banyak potensi-potensi menjanjikan di sektor pariwisata ini belum ada peningkatan yang signifikan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Boyolali, Agus Wiyono, mengatakan lemahnya pariwisata Boyolali terlihat dari banyaknya potensi daerah yang belum tersentuh. Menurutnya, setiap tahun tidak ada peningkatan pariwisata ke arah yang lebih baik. “Dinas terkait seharusnya melakukan pengembangan yang berarti. Pariwisata yang telah ada diperbaiki serta yang belum segera dikembangkan,” ujarnya, Selasa (2/8/2011). Menurutnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) harus berperan aktif. Di antaranya, dengan mempromosikan potensi wisata Boyolali.

WISATA AIR -- Kawasan wisata air Tlatar selama ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di Boyolali. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Dijelaskan, Boyolali memiliki beragam seni budaya mulai dari tari hingga upacara ritual. Potensi ini bisa dikemas dan ditampilkan dengan baik sehingga bisa mengundang pengunjung untuk datang atau sekadar singgah menikmati wisata di Boyolali. “Komisi IV DPRD Boyolali baru saja kembali dari Kabupaten Lombok. Pengembangan sektor pariwisata di sana jauh lebih baik,” katanya. Ditambahkan, letak Boyolali yang berada di lereng Gunung Merapi dan Merbabu sangat menguntungkan. Beberapa segi yang bisa dikembangkan antara lain, agro wisata seperti pertanian, perkebunan dan kuliner. Boyolali juga memiliki sejumlah waduk seperti Kedung Ombo, Cengklik dan Bade yang dapat dikembangkan. Jika ini bisa dikemas secara bagus hasilnya bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) yang lebih baik.

Ditambahkan, anggota Komisi IV DPRD Boyolali Agus Ali Rosidi mengatakan kelemahan pariwisata Boyolali tampak pada ajang pemilihan Mas dan Mbak Boyolali lalu. “Mas dan Mbak Boyolali seharusnya dapat menjadi ikon pariwisata Boyolali namun, belum memberikan kontribusi apapun,” terangnya. Menurutnya, ajang itu hanya menghambur-hamburkan uang yang diambil dari APBD. Diharapkan, Disparbud memiliki program yang bermaksud untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Boyolali.

rid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya