SOLOPOS.COM - Aktivitas Tempat Pembuangan Sementara di dekat Monumen 45 Banjarsari, Solo, Senin (3/3/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Pengelolaan sampah Solo ditingkatkan dengan mengalokasikan pembeli 21 mobil sampah tahun ini.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan membeli 21 unit mobil sampah atau tempat pembuangan sampah (TPS) mobile pada tahun ini. Untuk keperluan itu, dana Rp4,75 miliar telah dialokasikan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Wakil Ketua Komisi III DPRD Solo, Sugeng Riyanto, saat ditemui di Nusukan, Banjarsari, Solo, Sabtu (9/5/2015), mengatakan anggaran pengadaan mobil sampah itu sudah masuk dalam APBD 2015.

Pengadaan sarana persampahan itu dilakukan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA). Armada tersebut selanjutnya dimanfaatkan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

Sugeng berpendapat pengadaan mobil sampah itu tidak bisa digeneralisasi satu kelurahan dapat satu unit mobil sampah. Sugeng menginginkan penempatan fasilitas mobil sampah itu disesuaikan dengan luas wilayah.

“Satu unit mobil sampah untuk Kelurahan Kepatihan Wetan bisa memadai tetapi di Mojosongo belum tentu. Parameter untuk penempatan mobil sampah itu didasarkan pada basis RW agar penanganan sampah lebih efektif. Untuk menjangkau ke sudut-sudut kampung, mestinya ada pengadaan gerobak sampah (germo) agar lebih mudah,” kata dia.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto, mengatakan proses lelang pengadaan mobil sampah sudah berlangsung. Targetnya, kata Honda, pengadaan mobil sampah itu selesai pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya