SOLOPOS.COM - Petugas melakukan aktivasi tarif khusus bus Batik Solo Trans (BST) di bus cadangan BST koridor 5 di depan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, Minggu (2/7/2023). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Perhubungan memberlakukan tarif khusus bagi penumpang bus dan feeder Batik Solo Trans atau BST untuk pelajar, mahasiswa, warga lanju usia (lansia), dan penumpang berkebutuhan khusus per Sabtu (1/7/2023).

Para penumpang bisa menikmati tarif khusus atau di luar tarif umum Rp3.700 per orang. Tarif khusus yang berlaku bagi pelajar, mahasiswa, dan lansia Rp2.000. Sedangkan tarif gratis atau Rp0 diperuntukkan penumpang bus atau feeder BST berkebutuhan khusus.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Namun, untuk menikmati tarif khusus itu para penumpang bus dan feeder BST khususnya pelajar, warga lansia, dan penumpang berkebutuhan khusus mesti melakukan pendaftaran dan aktivasi tarif khusus BST.

Aktivasi e-money/kartu khusus baru bisa dilakukan di bus BST koridor 5, Terminal Palur, Halte Pasar Klewer, dan Terminal Kartasura sejauh ini. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu (2/7/2023) pagi, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo dan operator BST membuka layanan pendaftaran dan aktivasi tarif khusus bus BST di Solo Car Free Day (CFD).

Mereka membuka layanan tersebut di depan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo. Para petugas menyediakan stan khusus untuk pendaftaran dan mendorong pelajar, mahasiswa, lansia, dan penumpang berkebutuhan khusus melakukan pendaftaran dan aktivasi.

Para pengguna BST dan feeder BST yang merupakan pelajar, orang lansia, dan penumpang berkebutuhan khusus diminta menunjukkan KTP/ kartu pelajar/ kartu mahasiswa, dan e-money.

Selanjutnya para pengguna BST atau feeder BST yang sudah terdaftar diarahkan untuk melakukan aktivasi di bus BST yang tersedia. Petugas meminjam e-money yang telah terdaftar untuk di-tap pada alat reader TOB yang terpasang di dasbor bus BST.

tarif bus bst solo
Warga antre registrasi tarif khusus bus dan feeder Batik Solo Trans (BST) di Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (2/7/2023). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Pengguna bus maupun feeder BST Solo yang telah melakukan pendaftaran dan aktivasi tarif khusus dan gratis sudah mencapai 561 pelajar/mahasiswa, 1.013 orang lansia, dan 65 orang berkebutuhan khusus per Jumat (30/6/2023).

Jumlah Pendaftar

Sementara data pendaftaran seluruh daerah yang memiliki layanan Teman Bus sekitar 7.000 orang per Selasa (27/6/2023). Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Yulianto Nugroho, mengatakan Dishub Solo sudah kali kedua memberikan pelayanan pendaftaran dan aktivasi di CFD.

Pelayanan juga bisa diakses di kantor Dishub Solo dan Mal Pelayanan Publik (MPP). “Tarif khusus sudah berlaku per Sabtu [1/7/2023] dan kami sudah melakukan evaluasi. Kami menghadirkan layanan dan bus cadangan untuk registrasi dan aktivasi. Sekalian supaya masyarakat paham modelnya,” kata dia kepada Solopos.com.

Yulianto menjelaskan Dishub Solo tidak menargetkan jumlah pendaftar namun bagi pengguna bus maupun feeder BST yang ingin mendapatkan tarif khusus Rp2.000 atau gratis didorong untuk mendaftar ke Kantor Dishub Solo atau MPP.

Menurut dia, Dishub Solo telah menggandeng berbagai pihak berkepentingan, termasuk Dinas Pendidikan Solo melakukan sosialisasi tarif khusus bus BST. Dishub Solo datang ke sekolah-sekolah untuk mendorong pelajar melakukan pendaftaran dan aktivasi namun kini sedang masa libur sekolah.

Petugas Operasional PT Bengawan Solo Trans selaku operator BST, Coco, mengatakan ada 23 bus BST yang beroperasi pada koridor 5 ditambah tiga bus cadangan. Bus cadangan ini disiagakan untuk aktivasi kartu khusus menyesuaikan operasional BST di Halte Pasar Klewer, Terminal Palur, dan Terminal Kartasura.

Menurut dia, tiga lokasi itu dipilih karena menjadi lokasi paling banyak penumpang bus dan feeder BST.  “Nanti ada petugas lapangan yang akan membantu aktivasi kartu khusus milik penumpang,” ujarnya.

Lokas-lokasi pendaftaran dan aktivitas tarif khusus maupun gratis bus dan feeder BST bisa dicek di sini:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya