SOLOPOS.COM - Ribuan warga memadati Jl. Adisucipto pada pembukaan perdana CFD Colomadu, Karanganyar, Minggu (25/9/2022). CFD Colomadu pada 11 Desember 2022 diliburkan karena bertepatan dengan resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kegiatan bebas dari kendaraan bermotor (car free day) di Jl. Adisucipto pada Minggu (11/12/2022) mendatang diliburkan.

Jl. Adisucipto yang menjadi lokasi CFD Colomadu merupakan jalur utama para tamu yang akan menghadiri pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Informasi liburnya CFD Jl.Adisucipto itu beredar luas di grup-grup Whatsapp. Camat Colomadu Sriono Budi Santoso saat dimintai konfirmasi membenarkan informasi liburnya CFD Colomadu tersebut.

“Betul itu informasi dari panitia,” ujarnya kepada Solopos.com, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Efek Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di Solo Penuh sampai 12 Desember

Dalam pesan berantai yang juga diterima Solopos.com, panitia CFD Colomadu menginformasikan bahwa kegiatan bebas dari kendaraan bermotor diliburkan sehari pada Minggu (11/12/2022) karena bertepatan dengan resepsi pernikahan Kaesang Pangarep.

“Mengingat banyaknya tamu acara ngundhuh mantu putra RI 1 yang menginap di hotel wilayah Colomadu dan jalur Jl. Adisucipto sebagai jalan utama tamu dari bandara dan luar kota, untuk itu CFD tanggal 11 Desember kita tiadakan sebagai bentuk kerja sama dan penghormatan dan mangayubagyo kepada Bpk. Presiden RI dan tamu-tamu undangan. Demikian UMP,” tulis pesan tersebut.

Baca Juga: Ada Pernikahan Kaesang-Erina, Nasib CFD Colomadu Masih Tanda Tanya

Camat Colomadu membenarkan pesan tersebut berasal dari panitia CFD Colomadu.

“Di grup panitia memang saya sampaikan kemungkinan-kemungkinan dampak perhelatan di Solo yang dimungkinkan CFD Colomadu libur. Saya minta pendapat rekan-rekan. Akhirnya ada diskusi di grup hasilnya seperti itu dan akan dibuatkan surat edaran tertulis dari panitia CFD,” ujar Sriono.

Simulasi Tamu Undangan

Sementara itu, aparat Polda Jawa Tengah (Jateng) pada hari ini melakukan simulasi rute perjalanan tamu undangan yang naik becak dan andong dari Benteng Vastenburg dan sekitar Stadion Manahan ke lokasi resepsi pernikahan Kaesang Pangarep–Erina Gudono Pura Mangkunegaran Solo.

Simulasi dilakukan langsung oleh Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho baik dari Benteng Vastenburg maupun sekitar Stadion Manahan menuju Pura Mangkunegaran.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso, dalam video yang diunggah akun Instagram @polrestasurakarta, Senin (5/12/2022) malam, menyebutkan rute perjalanan tamu yang naik andong dari Manahan akan melalui Jl Adi Sucipto ke Patung Kuda.

Baca Juga: Terobos CFD Colomadu, Pesepeda Motor Tabrak Pengunjung hingga Patah Tulang

Andong kemudian belok ke Jl MT Haryono sampai perempatan lampu merah belok kanan ke arah Pasar Nongko lurus sampai ke Jl Gajah Mada, belok kanan sampai perempatan Masjid Solikhin dan belok kiri di Jl RM Said menuju lokasi resepsi nikahan Kaesang di Pura Mangkunegaran.

Sementara rute tamu undangan yang naik becak dari Benteng Vastenburg akan melewati rute Jl Jenderal Sudirman, sampai Kantor Bank Indonesia belok kiri ke Jl Ronggowarsito, lurus sampai Pura Mangkunegaran.

Dari hasil simulasi itu diketahui waktu tempuh dan jarak perjalanan dari sekitar Stadion Manahan lebih jauh dan lama dibanding dari Benteng Vastenburg ke Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Akad Nikah Kaesang-Erina di Pendapa Royal Ambarrukmo, Begini Persiapannya

Aparat kepolisian bakal melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di kedua rute perjalanan bagi tamu undangan resepsi nikahan Kaesang yang naik becak dan andong tersebut.

Dirlantas Polda Jateng menjelaskan jarak perjalanan dari Benteng Vastenburg ke Pura Mangkunegaran sekitar 1,2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar delapan menit.

Sedangkan waktu tempuh perjalanan saat pulang sekitar 12 menit. Di sisi lain, jarak perjalanan dari sekitar Stadion Manahan ke Pura Mangkunegaran sekitar 3,2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 17 menit.

Baca Juga: Naik Becak dan Andong, Ini Rute Perjalanan Tamu Resepsi Nikahan Kaesang di Solo

“Khusus jalur andong dari depan kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Solo melewati perlintasan rel kereta api. Jadi pola pengamanan harus dilakukan secara optimal,” kata Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, saat diwawancari wartawan, Selasa (6/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya