SOLOPOS.COM - Ribuan warga memadati Jl. Adisucipto pada pembukaan perdana CFD Colomadu, Karanganyar, Minggu (25/9/2022). CFD Colomadu pada 11 Desember 2022 diliburkan karena bertepatan dengan resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Camat Colomadu Dwi Adi Susilo akhirnya meliburkan car free day (CFD) di Jl. Adisucipto untuk Minggu (31/12/2023) setelah mendapat instruksi dari Pemkab Karanganyar, Jawa Tengah.

Peliburan kegiatan bebas dari asap kendaraan mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB itu karena pertimbangan kemudahan lalu lintas menjelang Tahun Baru 2024.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pekan sebelumnya CFD di Jl. Adisucipto masih berlangsung seperti biasa dan tidak diliburkan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Camat Colomadu Dwi Adi Susilo kepada Solopos.com, Kamis (28/12/2023), mengatakan ada sejumlah pertimbangan kenapa CFD Colomadu pada Minggu depan diliburkan.

Pertama demi kelancaran arus lalu lintas menjelang Tahun Baru 2024, lalu karena keterisian hotel di sepanjang Jl. Adisucipto hingga banyaknya pedagang yang izin tidak berjualan.

“Pertimbangannya karena arus lalu lintas, occupancy hotel yang full dan banyak pedagang yang libur,” kata Camat Colomadu.

Dwi Adi mengakui pihaknya mendapatkan instruksi dari Pemkab Karanganyar agar meliburkan CFD pada Minggu depan.

Seperti diketahui, Pemkab Karanganyar meliburkan aktivitas CFD atau hari bebas tanpa kendaraan di sepanjang Jl. Lawu mulai 24 Desember 2023 hingga 11 Februari 2024.

Peliburan itu terkait arus mudik Nataru dan terkait perhelatan Pemilu 2024.

Sementara di Klaten, pemerintah setempat juga meliburkan aktivitas CFD di Jl. Mayor Kusmanto selama dua pekan atau dua kali hari Minggu saat libur Nataru.

Sementara CFD Colomadu pada Minggu (24/12/2023) masih dilangsungkan seperti biasa.

Camat Colomadu Dwi Adi Susilo pekan lalu kepada Solopos.com menyatakan CFD tetap dilangsungkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ia mengakui ada permintaan dari pedagang agar CFD tiap hari Minggu yang telah berlangsung lebih dari satu tahun itu tidak diliburkan.

Apalagi perayaan Natal tahun ini juga tidak bertepatan dengan hari Minggu.

“Permintaan pedagang, aktivitas seperti biasa. Tidak bertepatan dengan tanggal 25 Desember. Juga hanya tiga jam kan,” kata Dwi Adi Susilo, Sabtu (23/12/2023).

Seperti diketahui, Pemkab Karanganyar meliburkan aktivitas CFD di Jl. Lawu Karanganyar.

Tak hanya selama libur Nataru, peliburan CFD bahkan berlangsung hingga 11 Februari 2024.

Kasi Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar, Muladi, mengatakan CFD diliburkan dalam rangka pengondisian arus lalu lintas selama momentum Nataru.

Selain itu juga memasuki tahapan kampanye umum Pemilu 2024.

Muladi mengatakan kebijakan meliburkan CFD diambil setelah rapat koordinasi bersama dengan instanti terkait.

Salah satu pertimbangannya adalah untuk memperlancar arus lalu lintas selama libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024.

“CFD Jl. Lawu akan diliburkan selama tujuh pekan. Memang lama, tapi ini untuk kelancaran lalu lintas saat Nataru dan juga tahapan kampanye Pemilu,” kata dia, Jumat (22/12/2023).

Sebagian besar personel Dishub dikerahkan untuk pengamanan arus lalu lintas selama libur Nataru.

Mereka ditempatkan di pos-pos pengamanan Nataru bersama personel dari instansi lain.



Arus lalu lintas selama libur Nataru diprediksi mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Terutama ke kawasan jalur wisata seperti Tawangmangu dan Ngargoyoso. Sehingga untuk memperlancar arus lalu lintas tersebut,

CFD harus diliburkan sementara waktu. Begitu juga dengan memasuki masa tahapan kampanye pemilu, dia menambahkan akan banyak aktivitas partai politik (parpol) di masa tersebut.

“Nanti banyak aktivitas kampanye akbar dengan jumlah massa besar, jadi memang lebih baik CFD diliburkan sampai 11 Februari atau empat hari sebelum pencoblosan,” katanya.

Terkait dengan keberadaan aktivitas Pasar Sabtu dan Minggu Pagi, Muladi mengatakan pedagang tetap diperbolehkan berjualan.

Hanya untuk membantu memperlancar arus lalu lintas, aktivitas pedagang yang berada di sisi utara akan dialihkan ke sisi selatan Jl. Lawu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, mengatakan CFD Jl Mayor Kusmanto libur pada Minggu (24/12/2023) dan Minggu (31/12/2023).

“Kami prioritaskan untuk kelancaran arus lalu lintas. Sementara CFD diliburkan,” kata Supriyono, Kamis (21/12/2023).

Meski CFD diliburkan, pada Minggu (31/12/2023) malam tetap ada Car Free Night (CFN) di ruas Jl Pemuda Klaten.

CFN digelar mulai dari simpang lima Plasa Klaten atau Klatos hingga simpang empat toko Hape mulai pukul 18.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya