SOLOPOS.COM - Para calon pegawai negeri sipil (CPNS) unit pusat Kemenkuham mengerjakan soal tes tertulis di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (8/9/2012). Ujian kala itu diikuti 1752 peserta yang berebut mengisi 79 posisi di unit pusat Kementerian Hukum dan HAM. (JIBI/Solopos/Antara/M. Agung Rajasa)

Solopos.com, SOLO —Para peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) reguler yang lolos seleksi tahun ini belum bisa berleha-leha. Pasalnya, capaian tersebut bisa dibatalkan jika peserta tes diketahui mengonsumsi narkoba atau memiliki catatan kriminal.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Hari Prihatno, saat ditemui wartawan di Balai Kota, Selasa (24/12), mengatakan pihaknya telah mengantongi 34 nama yang bakal mengisi formasi CPNS di lingkungan Pemkot.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal itu menyusul pengumuman seleksi CPNS yang dilakukan serentak pada Selasa. Hari mengatakan, puluhan peserta tersebut diminta melengkapi berkas untuk mengurus nomor induk pegawai (NIP) di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Berkas tersebut di antaranya ijazah, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan surat keterangan dokter yang menyatakan peserta sehat jasmani dan bebas narkoba.

“Kalau salah satu dari syarat itu tidak bisa dipenuhi, misalnya CPNS positif narkoba, hasil tesnya bisa dibatalkan,” ujarnya.

Menurut Hari, pemerintah pusat telah menerapkan sistem ranking dalam rekrutmen CPNS. Sehingga jika ada CPNS yang batal diangkat, CPNS yang memiliki nilai di bawahnya otomatis naik menggantikan.

Pihaknya menyebut kelolosan CPNS juga bisa dibatalkan jika yang bersangkutan mengundurkan diri atau meninggal dunia.

“Kami menargetkan pemberkasan ulang rampung akhir tahun ini. Rencananya, Jumat (27/12) peserta yang terkualifikasi akan dipanggil untuk pengarahan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya