SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SMA (JIBI/Solopos/Dok)

Pengumuman hasil UN dilakukan serentak Sabtu (7/5/2016) ini.

Solopos.com, BOYOLALI — SMAN 1 Boyolali masuk peringkat ke-4 se-Jateng dengan kategori jurusan IPA terbaik. Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SMA/SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Boyolali, Lasno,  mengatakan jurusan IPA terbaik di tingkat Jateng tahun ini diraih SMAN 1 Boyolali dengan meraih peringkat ke-4.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepastian prestasi itu didapat dari informasi Disdikpora Provinsi Jateng. “Prestasi yang diraih tahun ini lebih bagus dibandingkan tahun lalu. Jurusan IPA di SMAN 1 Boyolali pada UN 2015 masuk pringkat ke-23 di Jateng,” ujar Lasno kepada Solopos.com, Sabtu (7/5/2016).

Menurut Lasno, hasil perhitungan internal Disdikpora untuk hasil UN 2016 tingkat kabupaten, jurusan IPA peringkat pertama diraih SMAN 1 Boyolali dan IPS SMAN 1 Boyoli.

Sementara SMK terbaik di Boyolali diraih SMKN 1 Boyolali. Ia mengatakan dari segi nilai terjadi penurunan dibandingkan tahun lalu. Namun, dari segi prestasi dan kualitas lebih baik tahun ini.

Ia menjelaskan, dominasi sekolah terbaik lima besar tingkat kabupaten jurusan IPA didominsi sekolah di kota. Sementara jurusan IPS sekolah di pinggiran seperti Sawit dan Teras masuk peringkat lima besar.

“Kami belum bisa mengumumkan hasil rata-rata nilai hasil UN tahun ini di Boyolali karena input data belum  masuk semua,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Disdikpora Boyolali, Darmanto, mengatakan pelaksanaan UN SMP/MTS tahun ini tidak ada sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Semua sekolah tahun ini menggelar UN dengan sistem paper based test (PBT).

“Soal UN SMP/MTS sudah tiba di kantor Disdikpora dari Kudus pada Sabtu dini hari dengan pengawalan ketat polisi. Kami meminta bantuan Polres Boyolali untuk menjaga soal UN,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya