SOLOPOS.COM - Pendakian Gunung Merbabu Jateng. (Istimewa/visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI — Jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo, Boyolali, akan ditutup selama 15 hari pada 1-15 September 2023. Hal tersebut tertuang dalam surat pengumuman Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) yang diunggah di website mereka tngunungmerbabu.org, Rabu (16/8/2023).

Pengumuman tersebut tertuang dalam surat nomor PG.04/T.35/TU/KU/08/2023 tentang Penutupan Sementara Jalur Pendakian Selo Taman Nasional Gunung Merbabu pada 16 Agustus 2023.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dalam surat tersebut disebutkan penutupan jalur pendakian Merbabu via Selo untuk menindaklanjuti surat Pemerintah Desa Tarubatang Nomor 02/DG/8/2023 tanggal 2 Agustus 2023. Surat tersebut berisi permohonan untuk penutupan jalur pendakian Selo.

“Bersama ini [surat], disampaikan bahwa pada 1-15 September 2023 dilakukan penutupan sementara jalur pendakian Selo Taman Nasional Gunung Merbabu,” seperti dikutip Solopos.com dalam surat tersebut pada Minggu (20/8/2023).

Pengumuman tersebut diharapkan dapat menjadi perhatian bagi seluruh calon pendaki Gunung Merbabu. Ditambahkan dalam keterangan di laman yang sama, jalur pendakian Merbabu via Selo ditutup sementara karena ada perbaikan jalan di Dusun Genting, Tarubatang, Selo, Boyolali.

“Penutupan jalur pendakian Selo untuk sementara waktu tersebut karena akan dilakukan perbaikan jalan Dusun Genting yang merupakan akses pintu masuk pendakian Gunung Merbabu,” tulis keterangan tersebut.

Sementara itu, dalam keterangan di laman resmi www.tngunungmerbabu.org dijelaskan terdapat lima jalur pendakian Gunung Merbabu. Pertama, Pendakian Selo via Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Boyolali.

Jalur ini ditutup pada 15 hari pertama September 2023. Waktu tempuh hingga ke Puncak Kenteng Songo diperkirakan 8 jam 15 menit.

Kedua, jalur pendakian Cuntel via Dusun Cuntel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Waktu tempuh menuju Puncak Kenteng Songo diperkirakan 10 jam 10 menit.

Ketiga, jalur pendakian Suwanting via Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Semarang. Waktu tempuh hingga mencapai puncak Kenteng Songo diperkirakan 11 jam.

Keempat, jalur pendakian Thekelan via Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Waktu tempuh ke puncak Kenteng Songo diperkirakan delapan jam.

Terakhir, jalur pendakian Wekas via Dusun Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Untuk mencapai puncak Kenteng Songo lewat jalur ini diperkirakan butuh sembilan jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya