SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah.(JIBI/Dok)

Pengumuman kelulusan SMP di Solo dilaksanakan Jumat pekan ini.

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo melayangkan surat edaran (SE) ke semua sekolah menengah pertama (SMP), agar kelulusan siswa bisa diumumkan sore hari. Rencananya, pengumuman kelulusan siswa SMP dilaksanakan Jumat (2/6/2017).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hal itu dibenarkan Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar (Dikdas) SMP Disdik Kota Solo, Waliyono, saat dimintai informasi, Senin (29/5/2017). “Khusus untuk SMP negeri, siswa-siswinya diwajibkan mengenakan pakaian adat,” ungkap Waliyono.

Sedangkan untuk SMP swasta, lanjut dia, pemakaian baju adat sifatnya hanya imbauan.

Waliyono menjelaskan pada Kamis (1/6/2017), Disdik Solo akan mengirimkan tim untuk mengambil nilai Ujian Nasional (UN) SMP. Setibanya dari Semarang, nilai UN langsung diserahkan ke sekolah untuk kemudian diolah dengan komponen nilai lainnya.

“Karena pengumuman kelulusan dijadwalkan sore hari, pihak sekolah masih memiliki waktu untuk rapat menentukan kelulusan siswa,” terang dia.

Mengingat nilai UN bukan menjadi syarat utama kelulusan, menurut Waliyono, sehingga berapapun nilainya asal sudah menyelesaikan proses pembelajaran bisa dipastikan lulus.

“Karena salah satu syarat kelulusan itu mengikuti UN, berapapun nilainya. Namun jika yang bersangkutan tidak mengikuti UN maka yang bersangkutan berarti tidak menyelesaikan proses pembelajaran sehingga tidak lulus,” imbuh dia.

Waliyono berharap pascapengumuman, para lulusan SMP tidak melakukan aksi konvoi dan corat-coret.  “Mending bajunya yang masih bagus disumbangkan, jangan di corat-coret. Lalu setelah lulus persiapan mendaftar sekolah baik SMA/SMK,” ungkap dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya