SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok.SOLOPOS), WISATA EDUKASI - Wisatawan yang umumnya kaum pelajar memadati Keraton Kasunanan Surakarta Senin (13/6). Diperkirakan jumlah wisatawan tersebut akan terus meningkat menjelang datangnya liburan sekolah. (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

Solo (Solopos.com)–Pengunjung objek wisata Keraton Surakarta meningkat lebih dari 100% dari hari biasanya pada Selasa (30/8/2011). Hal tersebut terjadi lantaran sebagian warga memanfaatkan monentum 1 Syawal dengan berlibur bersama keluarga.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Penjaga loket Kamandungan, Darini, menuturkan satu hari sebelumnya, karcis masuk seharga Rp 10.00 terjual sekitar 300 lembar. Sementara, pada hari biasa karcis hanya terjual pada kisaran 50 hingga 100 lembar.

“Kalau angka pastinya belum tahu. Jumlah ini baru pada loket kamandungan, belum loket yang lainnya. Pada hari biasa jumlah pengunjung dalam satu hari berkisar antara 50 hingga 100 pengunjung,” ungkapnya kepada Espos.

Lebih lanjut Darini menambahkan, pihak pengelola menambah jam kunjungan wisata pada musim Lebaran, yakni mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.30 WIB. “Biasanya kan hanya sampai pukul 14.00. Kalau ini khusus Lebaran,” katanya.

Penjaga loket Museum dan Kraton mengungkapkan, jumlah pengunjung dimungkinkan akan terus meningkat. Hal tersebut terjadi karena acara Grebeg Syawalan baru digelar pada Rabu besok.

“Jumlahnya jelas akan lebih meningkat dari hari ini (Selasa–red). Hari ini sebagian warga masih ada yang puasa dan menggelar silaturahmi ke sanak saudara,” jelasnya.

Di sisi lain, Keraton Surakarta memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi warga dari luar Kota Bengawan. Salah satunya, Tuti, warga Lampung yang mengaku baru kali pertama ini mengunjungi Kraton Solo. “Ini kunjungan pertama saya. Penasaran saja dengan Kraton Solo yang memiliki nilai budaya,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Sofi, warga asal Jakarta yang juga mengaku kali pertama ini mengunjungi Kraton. “Anak-anak tadi rewel ingin main ke Kraton. Saya kurang tahu tentang Kraton karena baru kali ini berkunjung, tetapi sangat menarik untuk dikunjungi,” kata ibu dua anak tersebut.

Sementara itu, Pasar Klewer yang lokasinya tidak jauh dari Kraton terlihat ramai dikunjungi wisatawan yang sebagian besar memadati kios penjual batik meskipun tidak seramai hari biasanya. Hal ini terjadi karena sebagian kios di pasar tersebut tutup.

(m103)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya