SOLOPOS.COM - Jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Solo berfoto bersama pengurus DPD LDII Solo dalam silaturahmi di Kantor PCNU Solo, Jumat (25/3/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Solo melanjutkan safari silaturahmi mereka dengan mengunjungi jajaran PC Nahdlatul Ulama atau PCNU Solo, Jumat (25/3/2022) pukul 14.30 WIB.

Rombongan pengurus DPD LDII Solo yang dipimpin Muhammad Zain diterima Ketua PCNU Solo, M Mashuri, dan jajaran pengurusnya. Pertemuan tersebut berlangsung santai tapi serius membicarakan banyak hal.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Salah satunya ukhuwah islamiah sesama umat Islam di Kota Bengawan. Seperti disampaikan Mashuri dalam sambutannya. Menurutnya, NU merupakan organisasi yang inklusif dengan bergerak di banyak bidang. seperti bidang sosial, ekonomi, atau budaya.

Baca Juga: Undang Motivator, LDII Jateng Gembleng Ratusan Kepala Sekolah di Solo

Mashuri menyambut baik kunjungan pengurus LDII Solo sebagai sesama organisasi kemasyarakatan. Dia pun berjanji akan melakukan kunjungan balik ke pengurus DPD LDII Solo.

Dalam kesempatan itu Mashuri juga menyatakan PCNU Solo ingin kota ini aman, damai dan kondusif. “Kami tak ingin Solo tidak kondusif karena berkembang kelompok kiri maupun kelompok kanan,” terang dia.

Asas Pancasila

Sebab, menurut Mashuri, tindakan kelompok kiri maupun kanan telah mencerai berai ukhuwah umat. Padahal bangsa ini hidup di negara yang berasaskan Pancasila, sehingga tak bisa hanya menjunjung satu konsep ukhuwah.

Baca Juga: Patut Dicontoh! Ratusan Anggota LDII Solo Bersih-Bersih Kawasan TSTJ

“Tidak bisa kita hanya menjunjung konsep ukhuwah islamiah. Ada dua ukhuwah yang juga harus kita junjung tinggi yaitu ukhuwah wathaniah saudara sesama bangsa, dan ukhuwah bashariah sesama manusia,” urainya.

Mashuri menegaskan PCNU butuh teman untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan kondusivitas umat di Solo. Sehingga di antara ormas Islam dan elemen masyarakat lainnya harus menyamakan persepsi.

Sedangkan Muhammad Zain mengatakan ada sejumlah tujuan dari safari silaturahmi yang dilakukan LDII Solo beberapa waktu terakhir. Seperti tujuan untuk menunjukkan bahwa LDII bukanlah organisasi yang eksklusif.

Baca Juga: Berpotensi Berbeda, PDM Solo Sudah Sosialisasi Awal Ramadan 2 April

Kolaborasi

Selain itu, Zain menjelaskan LDII Solo ingin berkolaborasi dengan ormas Islam yang ada dalam membangun Solo. Tidak hanya dengan PCNU Solo, LDII Solo akan melakukan silaturahmi dengan Muhammadiyah dan MTA.

“Kami ingin antara LDII dengan PCNU, Muhammadiyah, MTA, ada kolaborasi demi kemaslahatan umat. Kemarin kami dari Habib Syech, ini dengan PCNU, nanti ke Gus Karim, Muhammadiyah, MTA, dan sebagainya,” urainya.

Baca Juga: Ramadan Sebentar Lagi, Pemkot Solo Akan Buka Pasar Takjil di Sini

Menurut Zain, dengan terjalinnya ukhuwah islamiah di antara ormas Islam di Solo akan membantu terjaganya kondusivitas masyarakat. Dengan begitu aktivitas masyarakat terutama ekonomi bisa bangkit di pandemi ini.

“Niat kami untuk kemaslahatan umat. Bila ormas Islam kompak, otomatis kanan-kirinya akan baik. Tapi bila terpecah ya susah. Kekompakan dijaga, sehingga orang intoleran akan menyingkir dengan sendirinya,” terang Zain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya