SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Solopos.com)–Para pengurus masjid di Wonogiri dan Ngadirojo mulai mengumpulkan zakat fitrah dari umat Islam untuk dibagikan kepada yang berhak, Senin (29/8/2011).

Setelah terkumpul, sebagian zakat akan segera dibagikan sore harinya. Seperti yang dilakukan di Masjid Al Mukmin, Wonogiri dan Masjid Al Hidayah, Wonogiri serta Masjid Al Ikhsan, Ngadirojo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Salah seorang pengurus Masjid Al Ikhsan, Kenteng, Ngadirojo, Didik Suryono menjelaskan, sebagian umat Islam di Ngadirojo ada yang mengikuti keputusan Muhammadiyah pada 30 Agustus dan ada yang menunggu hasil sidang Isbat dari pemerintah.

“Agar tidak berisiko kami (takmir masjid) mulai mengumpulkan zakat fitrah hari ini (Senin) dan sore hari dibagikan agar rukun Ramadan tidak hilang,” ujarnya.

Hal senada dikemukakan Samino, pengurus Masjid Al Mukmin, Wonogiri. Dia mengaku, Salat Id digelar sesuai keputusan pemerintah dengan alasan dirinya hidup di sebuah negara. “Salat Id tetap menunggu hasil sidang Isbat dari pemerintah namun pengumpulan zakat dimulai sekarang. Sebagian hasil pengumpulan zakat hari ini (Senin) pagi mulai didistribusikan namun akan diselesaikan sebelum Salat Id.”

Keduanya menyatakan bagi umat Islam perbedaan merupakan berkah.

“Umat Islam menjunjung tinggi solidaritas sehingga perbedaan tidak akan memicu perpecahan umat. Perbedaan justru rahmat,” kata Samino.

(tus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya