SOLOPOS.COM - Baliho berisi sosialisasi penjaringan peserta pemilihan Mas dan Mbak Klaten 2012 terpajang di halaman Kantor Disbudparpora Klaten, Senin (20/8/2012).(Espos/Moh Khodiq Duhri)

Baliho berisi sosialisasi penjaringan peserta pemilihan Mas dan Mbak Klaten 2012 terpajang di halaman Kantor Disbudparpora Klaten, Senin (20/8/2012).(Espos/Moh Khodiq Duhri)

KLATEN--Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disdbudparpora) Klaten mulai menjaring peserta pemilihan Mas dan Mbak Klaten 2012.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Panitia yang membidangi perekrutan peserta, Maria Yakuba, kepada Espos, Senin (20/8/2012), mengatakan penjaringan peserta sudah dimulai pada awal Agustus lalu dan akan ditutup pada 10 September mendatang di Kantor Disbudparpora. Menurutnya hingga kini sudah terdapat puluhan peserta yang sudah mengisi formulir pendaftaran. “Sebagian formulir belum dikembalikan ke panitia karena harus dimintakan tanda tangan orangtua masing-masing,” ujar Maria.

Tanda tangan orangtua, kata Maria, wajib disertakan dalam formulir pendaftaran. Menurutnya keikutsertaan dalam pemilihan Mas dan Mbak Klaten itu harus diketahui orangtua atau wali peserta. “Itu adalah kegiatan positif. Kalau orangtua tahu tentu bisa memberi dukungan moral maupun dukungan lain,” papar Maria.

Maria menjelaskan, syarat pendaftaran pemilihan Mbak dan Mas Klaten 2012 relatif mudah. Beberapa syarat itu meliputi usia peserta minimal 18 tahun dan maksimal 24 tahun, memiliki tinggi badan 160 cm untuk wanita dan 170 cm untuk pria, warga asli dari Klaten, berpengetahuan luas, memiliki ketertarikan pada dunia pariwisata maupun budaya dan lain-lain. “Seleksi akan dilakukan sepekan setelah pendaftaran ditutup. Kami akan memilih 10 besar pria dan wanita yang akan bersaing di ajang grand final Mas dan Mbak Klaten 2012 pada 29 September mendatang,” tandas Maria.

Sebelum mengikuti grand final, 10 besar Mas dan Mbak Klaten itu akan dibekali pelajaran tata krama, penampilan, pengetahuan seputar pariwisata dan budaya, dan lain-lain. “Dalam grand final nanti, dipilih juara I, II, dan II Mas dan Mbak Klaten 2012. Selain itu, dipilih juga pemenang untuk kategori favorit, intelegensia dan fotogenik,” paparnya.

Kepala Disbudparpora, Sugeng Haryanto mengatakan rencananya grand final pemilihan Mas dan Mbak Klaten digelar di Hotel Cakra Klaten. “Perhelatan ini akan diikuti sekitar 400 tamu undangan dan pendukung masing-masing peserta,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya