SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)–Memasuki H-1 Lebaran, penjual bungkus ketupat bermunculan di Kota Solo. Pantauan Espos di Jl Veteran Pasar Kliwon, tepatnya di depan Pasar Gading, beberapa orang terlihat sibuk merangkai daun kelapa untuk dibuat menjadi bungkus ketupat.

Salah satu penjual, Mariyono,53, warga Gumpang, Sukoharjo, menuturkan dirinya bersama teman-temannya telah berada di kawasan tersebut sejak Sabtu (27/8/2011) sore kemarin. Ditambahkannya, untuk mendapatkan bahan baku berupa daun kelapa, dia membeli di Pasar Legi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Satunya seharga Rp 110, jika sudah jadi satu bungkus saya jual Rp 2.000 hingga Rp 2.500,” jelasnya.

Pria yang sudah 15 tahun menjadi pedagang musiman bungkus ketupat tersebut, menghabiskan sekitar500 lembar daun kelapa. Dijelaskannya, dia akan berjualan hingga Senin (5/9/2011) atau saat memasuki 7 syawal.

“Untungnya tidak seberapa. Saya sehari-hari cuma sebagai buruh. Hasilnya akan saya berikan untuk anak cucu saya. Jualannya sampai Senin malam.”

Pembuat bungkus ketupat lainnya menyebutkan keuntungan yang dapat diperolehnya mencapai Rp 600.000. Pria yang enggan menyebutkan namanya tersebut rela menempuh perjalanan jauh dari rumahnya di Karangnongko, Klaten untuk berjualan bungkus ketupat di kawasan Pasar Gading hingga satu pekan ke depan.

“Setiap hari saya pulang. Saat lebaran nanti saya tidak jualan, kembali jualan lagi dari Kamis hingga Sabtu mendatang,” ungkapnya.

(m103)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya