SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (.(Putra/kemenpora.go.id)

Solopos.com, SOLO — Indonesia ASEAN Paragames Organizing Comittee (Inapoc) bakal memilah masyarakat yang hendak menonton acara closing ceremony (penutupan) ASEAN Para Games atau APG 2022 di Solo pada Sabtu (6/8/2022).

Langkah ini guna asas pemerataan, memberikan kesempatan kepada masyarakat yang gagal menonton opening ceremony Sabtu (30/7/2022) malam. Inapoc APG 2022 menggelar rapat koordinasi terkait acara closing ceremony selama dua hari terakhir.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pembahasan rapat difokuskan pada konsep dan ticketing penonton. Acara closing ceremony APG 2022 direncanakan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Inapoc APG 2022 yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, mengatakan kuota penonton saat acara closing ceremony tak berbeda jauh dibanding opening ceremony.

Kala itu, jumlah penonton yang menyaksikan langsung opening ceremony di Stadion Manahan lebih dari 10.000 orang. “Sebisa mungkin dari ticketing itu orangnya berbeda. Biar ada pemerataan. Sing wingi ra isa ndelok, isa ndelok sesuk,” katanya, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Dukung Atlet Indonesia, Begini Ekspresi Pelajar Nonton Pertandingan APG

Gibran menyebut masyarakat yang hendak menonton acara opening ceremony wajib mengisi identitas diri untuk mendapatkan tiket masuk secara online. Masyarakat yang telah menonton acara opening ceremony bakal terdeteksi oleh sistem ticketing. “Kami ploting tiketnya biar semua warga Solo bisa menikmati. Karena masuknya gratis,” ujarnya.

Pengerahan Pelajar

Terkait pengerahan pelajar untuk menonton pertandingan di lokasi venue APG 2022 Solo, Gibran menyampaikan panitia berkoordinasi dengan kepala sekolah yang berdekatan dengan venue.

Dengan begitu, para pelajar tak terlalu jauh untuk menonton pertandingan di setiap cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Gibran menyampaikan ada pesan khusus agar para pelajar menghargai perjuangan para atlet yang bertanding.

Baca Juga: Jadwal APG 2022 Hari Ini, Para Atletik Perebutkan 46 Medali Emas

“Bukan menonton saja namun melihat langsung perjuangan atlet-atlet. Ini yang saya tanamkan kepada anak-anak. Semua bisa menonton, warga Solo,” paparnya.

Wakil Ketua I Bidang Pertandingan Inapoc APG 2022, Sapta Kunta Purnama, mengatakan pertandingan di 14 cabor tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Penonton bakal diukur suhu tubuhnya di setiap pintu masuk lokasi venue.

Selama dua hari, animo masyarakat untuk menonton pertandingan cukup tinggi. “Masyarakat bisa langsung ke lokasi venue untuk menonton pertandingan. Namun wajib memakai masker dan diukur suhu tubuhnya di venue,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya