SOLOPOS.COM - Penampilan Jamrud di acara reuni akbar Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Solo, Sabtu (18/3/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Band rock Indonesia, Jamrud mendapat sambutan meriah saat mengisi acara di Munas dan Reuni Akbar Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (Ikatani) UNS Solo, Sabtu (18/9/2023) malam.

Band yang kini beranggotakan Azis Mangasi Siagian (gitar), Ricky Teddy (bass), Krisyanto (vokal), Danny Rachman (drum) dan Mochamad Irwan (gitar) itu mulai manggung sekitar pukul 22.00 WIB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ribuan alumni Fakultas Pertanian UNS yang sebagian besar tumbuh remaja bersama lagu-lagu Jamrud pun bernostalgia.

Mereka yang sebagian adalah Jammers (sebutan penggemar Jamrud) mengikuti grup musik rock asal Cimahi, Jawa Barat tersebut bernyanyi.

Lagu-lagu populer seperti Surti Tejo, Putri, Berakit-rakit dan lagu-lagu cadas nan nakal khas Jamrud lainnya dimainkan secara energik di atas panggung.

Suara berat khas sang vokalis, Krisyanto menjadi pembeda dalam acara reuni yang dihadiri ribuan orang itu.

Krisyanto sebelum manggung mengatakan Jamrud sudah cukup sering manggung di Solo.

Namun dia mengaku baru kali pertama pentas di Kampus UNS.

“Cuma kita sempet bingung mau bawain lagu apa, ini kan yang datang alumni ya? Mereka bakal tahu enggak nih, itu aja yang perlu dipikirin,” ujar Kris, sapaannya.

Jamrud yang awalnya bernama Jam Rock sudah mendekati tiga dekade.

Kris mengatakan album pertama tahun 1996 yang berarti sudah 27 tahun.

“Bisa panjang karena ya jaga kekompakan, rasa memiliki, dan saling menghargai,” lanjut dia.

Ketika ditanya terkait album, Kris mengatakan belum bisa memastikan lantaran tergantung dengan penulis lagu, Aziz yang juga gitaris Jamrud.

“Bisa tanya Aziz, karena dia yang bikin lagu-lagunya. Tapi album terakhir kan 2021, sudah dirilis tapi album kita yang usia 25 tahun Jamrud itu dalam bentuk digital,” ujar dia.

Kali Pertama

Ketua Panitia Munas dan Reuni Akbar Ikatani 2023, Agung Wibowo mengatakan ini pertama kalinya dalam sejarah ikatan alumni mengundang band papan atas di belantika musik rock Indonesia.

“Sebenarnya kami belum pernah mengundang artis ibu kota, ini pertama kali dalam sejarah. Kemarin saya minta restu dengan anggota melalui Zoom, bagaimana kalau sekali-sekali mengundang artis level nasional,” ujar dia ketika ditemui Solopos.com, Sabtu (18/9/2023).

Agung mengatakan pihaknya sengaja memilih band rock yang populer di era 90-an tersebut lantaran banyak para alumni yang tumbuh dewasa dengan lagu-lagu khas Jamrud.

“Karena alumni yang hadir itu remaja di masa-masa 80-an sampai 90-an ya, jadi band-band yang kita dengarkan waktu itu salah satunya Jamrud,” tambah dia.

Pihaknya mengaku sudah bisa memprediksi alumni dari angkatan berapa yang turut hadir pada reuni akbar tersebut.

Menurutnya mayoritas alumni yang hadir sudah pasti tahu lagu-lagu Jamrud.

Terlebih hingga kini lagu-lagu ciptaan sang gitaris, Aziz, masih didengar kalangan anak muda.

“Jadi kita-kira kita bisa memprediksi yang hadir dari angkatan berapa, jadi Jamrud itu dirasa pas ya,” tambah dia.

Agung menambahkan, meski menghadirkan band skala nasional, pihaknya tidak memasang tiket untuk umum.

“Yang hadir memang dari kalangan internal saja, istilahnya kami tidak menjual tiket. Semua itu ya dari donatur dan sponsor, jadi ini murni dari alumni,” ujar dia.



Dia mengatakan area di sekitar fakultas pertanian mampu menampung sekitar 1.600 orang.

Panitia juga menyediakan perwakilan mahasiswa aktif Fakultas Pertanian sejumlah 300 orang dari perwakilan masing-masing prodi.

“Biar mahasiswa bisa menikmati. Dan pembagiannya memang kita serahkan ke Himpunan Prodi, sebelumnya kita undang rapat untuk berkoordinasi. Jadi setiap prodi ada perwakilan,” kata dia.

Band Heavy Metal

Jamrud adalah grup musik heavy metal dan rock Indonesia yang dibentuk di Kota Cimahi, Jawa Barat.

Jamrud awalnya bernama Jam Rock antara tahun 1984–1995.

Pada tahun 1995, formasi Jamrock yaitu Azis Mangasi Siagian (gitar), Fitrah Alamsyah (gitar), Shandy Handoko (drum), Ricky Teddy (bass) dan Krisyanto (vokal).

Sejumlah lagu populer Jamrud yang dibawakan malam ini di antaranya Ningrat, Berakit-Rakit, Surti Tejo, Pelangi di Matamu, Terima Kasih, Dokter Suster, Putri, Waktuku Mandi, dan Selamat Ulang Tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya