SOLOPOS.COM - Calon penumpang menunggu kereta api (KA) jarak jauh KA Ranggajati di Stasiun Solo Balapan, Solo, Minggu (20/3/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mengimbau penumpang kereta api saat arus balik untuk datang ke stasiun lebih awal.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan, hal ini penting agar penumpang kereta terhindar dari keterlambatan sebab situasi stasiun masih padat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Penumpang harus menghitung estimasi perjalanan dari rumah menuju stasiun keberangkatan. Aspek kemacetan dan kepadatan jalan raya juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan.

Supri juga menyarankan boarding dilakukan satu jam sebelum keberangkatan kereta. Penumpang harus melakukan screening persyaratan perjalanan (sesuai kriteria penumpang) menggunakan KA jarak jauh.

Di antaranya menunjukkan hasil negatif screening Covid-19, hasil rapid tes antigen, hasil tes RT-PCR 3×24 jam, surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah (bagi penderita komorbid), dan sebagainya.

“Beberapa stasiun besar, jalan raya di lingkungannya saat ini padat. Pelanggan KA bisa memperhitungkan jarak tempuh dari rumah ke stasiun. Boarding bisa dilakukan satu jam sebelum jadwal [keberangkatan] KA,” jelas Supri kepada Solopos.com via WhatsApp, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: Masih Tinggi, Penumpang KAI Hari Kedua Lebaran Melebihi Puncak Mudik

Imbauan tersebut juga menimbang masih adanya peningkatan volume penumpang turun pada Rabu (4/5/2022). Setidaknya ada 22.278 penumpang turun di Daop 6.

“Pada 3 Mei, tercatat ada 20.423 penumpang turun dan jumlah ini meningkat kembali pada keesokan harinya. Jumlah penumpang turun di Daop 6 masih tinggi mencapai 22.278 penumpang. Adapun data sementara pada hari ini [Jumat] sampai pukul 06.00 WIB tadi, ada 17.927 penumpang turun. Jadi memang masih tinggi,” terang Supriyanto.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, stasiun-stasiun di Daop 6 menjadi stasiun dengan jumlah penumpang turun dan naik tertinggi.

Baca Juga: Ketat Lur! Tak Penuhi Syarat, Calon Penumpang KAI akan Langsung Ditolak

Total jumlah sementara penumpang turun dan naik selama masa angkutan Lebaran yakni ada 49.776 penumpang turun dan 42.011 penumpang naik di Stasiun Solo Balapan.

Sementara itu ada 98.676 penumpang turun dan 96.445 penumpang naik di Stasiun Yogyakarta. Di Stasiun Lempuyangan ada 57.458 penumpang turun dan 58.889 penumpang naik.

Adapun data sementara penumpang naik selama angkutan Lebaran (22 April – 13 Mei 2022) menunjukkan ada 263.034 penumpang atau mencapai 93% dari program volume sebanyak 282.926 penumpang.

Baca Juga: Aturan Baru Penumpang KA, Vaksin Lengkap Tak Wajib Tes Antigen

KAI mencatat, penumpang naik tertinggi terjadi pada Kamis (5/5/2022), yakni sebanyak 20.482 penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya