SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Setelah terkatung-katung selama lebih dari lima bulan, Youth Center (Gelora Bung Karno) di kompleks Stadion Manahan Solo, segera dikelola UPTD Sarana dan Prasarana Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo. Hal itu menyusul rampungnya penyerahan aset dari Kementerian Olahraga (Kemenpora) kepada Pemkot.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, saat ditemui wartawan di Balai Kota, Senin (22/7/2013), mengatakan Youth Center telah tercatat sebagai aset Pemkot pascaserahterima dari pusat. Meski demikian, pengelolaan Youth Center tertunda hampir setengah tahun lantaran belum ada serah terima kepada UPTD.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sebagai informasi, gedung berbiaya Rp10 miliar ini diresmikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, pertengahan Februari.

“Dari kementerian sudah diserahkan pada komite. Saat ini Wali Kota sedang proses ke saya selaku pengelola barang,” jelas Sekda.

Pihaknya memprediksi serah terima aset bakal dilakukan maksimal dua pekan ke depan.
Disinggung berlarut-larutnya proses serah terima, Sekda tak menyebut alasan gamblang. Namun dirinya memastikan Youth Center mulai dapat disewakan kepada umum pascapengelolaan UPTD.
“Setelah proses itu, UPTD akan menghitung sejumlah tarif sewa. Nantinya pemasukannya akan tercatat di PAD (Pendapatan Asli Daerah).”

Lebih jauh, Pemkot telah mengajukan anggaran di APBD Perubahan 2013 untuk mendukung operasional gedung. Sekda menyebut dana nantinya digunakan untuk biaya tenaga outsourcing, tenaga kebersihan, perbaikan gedung dan sejumlah operasional rutin.

Kepala UPTD Sarana Prasarana Olahraga Disdikpora, Heru Prayitno, mengungkapkan sudah banyak instansi maupun komunitas yang berminat menyewa Youth Center. Beberapa waktu terakhir, pihaknya mengakui ada beberapa lembaga yang memanfaatkan gedung tersebut.
“Paling banyak dari PAUD dan TK. Karena belum diserahterimakan, izin penggunaan langsung dari Wali Kota,” ujarnya.

Heru mengatakan sejumlah fasilitas di Youth Center siap digunakan. Hanya, dirinya mengakui gedung masih perlu tambahan sound system dan sejumlah mebeler. Bangunan yang didirikan di tanah seluas 7.600 meter persegi ini memiliki fasilitas seperti gedung serba guna, gelanggang tertutup, tempat pameran, teater terbuka, dan arena skate board.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya